Resep Cara Membuat Sate Ayam Special Bumbu Kacang Madura

Sate Ayam Khas Asli Madura Special Enak dan Lezat - Siapa yang tidak mengenal Sate? Ya, sate adalah makanan khas nusantara yang sudah sangat terkenal di seluruh pelosok indonesia. Bahkan orang mancanegara sekalipun banyak yang menyukainya, Presiden amerika (Obama) sekalipun sejak kecil sudah mengenal makanan ini sampai sekarang masih menjadi salah satu makanan favoritnya jika berkunjung ke indonesia. Sate bisa dibuat dari bermacam jenis daging, ada sate kambing, sate ayam, sate kelinci dan masih banyak macam lainnya, namun yang sering dijual dikedai dan dipinggir jalan kebanyakan sate ayam dan sate kambing.

Masakan ini dimasak dengan cara ditusuk dengan bilah bambu kemudian dilumuri bumbu-bumbu dan dibakar diatas bara api sambil dikipasi. Nah, disini kita akan fokus membahas sate ayam special yaitu sate bumbu kacang khas madura asli. Madura memang sangat terkenal dengan sate ayam nya, tidak diragukan lagi kalau makanan ini sampai tersebar keseluruh pelosok nusantara, bahkan orang madura asli sendiri banyak yang merantau ke daerah-daerah lain untuk menjual sate khas wilayahnya itu. Disetiap daerah atau kota pasti sudah tau kalau orang madura punya ciri khas tersendiri dalam menjual satenya, seperti memakai gerobak berbentuk perahu yang rodanya diberi lonceng sehingga mudah untuk ditebak kalau itu adalah sate madura.

Ciri khas lain sate madura terletak pada bumbu atau sambel kacangnya yang khas dan sangat enak, ditambah lagi dengan irisan bawang merah mentah dan cabe rawit hijau yang menambah citarasa dan kenikmatan makanan ini. Disini kami sudah persiapkan resep dan cara membuat sate madura bumbu kacang yang enak dan lezat sehingga anda tidak perlu repot-repot menunggu abang sate datang di depan rumah anda atau bagi yang kesulitan mencari penjualnya bisa membuat sendiri. Bahan dan caranya hampir mirip dengan membuat sate biasa, bedanya hanya terletak pada bumbunya saja. Langsung saja kita simak yuk.

Sate Ayam Madura
Bahan yang Diperlukan:
  • Daging Ayam, potong kecil-kecil - 1/2 kg
  • Jeruk Nipis, dibelah 2 - 2 buah
  • Tusuk sate dari bilah bambu - 20 biji
  • Lontong atau nasi putih - Secukupnya
  • Bawang merah dan cabe hijau, untuk pelengkap - Secukupnya
Bahan Bumbu Kacang:
  • Bawang Merah - 3 butir
  • Bawang Putih - 4 siung
  • Cabe Merah - 10 buah
  • Air Kaldu - Secukupnya 
  • Kacang Tanah, sangrai/goreng - 1,5 ons
  • Kecap Manis - 2 sdm
  • Gula Merah - 2 sdt
  • Kemiri - 3 butir
  • Minyak Sayur - 3 sdm
  • Garam - Secukupnya
Cara Membuat Sate Ayam Madura:
  1. Membuat Bumbu Kacang: Haluskan dan campurkan semua bahan bumbu kacang seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe merah, gula merah dan garam. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu kacang, kemudian tuangkan air kaldu, tunggu hingga sambal mengental dan tambahkan kecap manis lalu aduk sampai merata.
  2. Masukkan sate yang sudah ditusuk-tusuk ke dalam bumbu kacang kemudian bakar di atas bara api, sesekali celupkan lagi ke dalam bumbu dan bakar lagi hingga matang merata.
  3. Terakhir angkat sate, taruh ke dalam piring, siram lagi dengan bumbu kacang dan kecap diatasnya dan hidangkan bersama Lontong atau nasi dan diberi pelengkap bawang merah dan cabe hijau yang diiris halus dan jeruk nipis.
Tips: Pada waktu membakar sate, jangan sampai apinya menyala agar permukaan sate tidak gosong, biarkan bara api yang mematangkannya agar matangnya sempurna dan bumbunya meresap sampai ke dalam.
Mudah dan praktis bukan, cara membuat sate ayam khas madura asli dengan bumbu kacangnya? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah atau berlatih memasak bersama anggota keluarga. Cocok disajikan sebagai jamuan makan bersama keluarga atau jamuan makan untuk tamu anda. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment