Resep dan Cara Membuat Acar Timun Wortel Praktis dan Segar

Resep Acar Timun Wortel Segar - Cara membuat acar timun wortel tidaklah terlalu sulit, hanya beberapa bahan yang kita butuhkan seperti timun dan wortel mentah dan tentunya bahan utama adalah cuka. Kesempatan kali ini kami akan membagikan resep praktis lainnya yang mudah dan cepat cara membuatnya, yaitu resep acar timun wortel yang segar dan enak. Acar merupakan bahan pelengkap makanan yang biasanya disajikan bersama makanan seperti nasi goreng, bistik, masakan bacem bahkan cocok juga dicampur dengan masakan berkuah seperti soto, bakso atau mie ayam. Acar bisa disimpan cukup lama dan bisa bertahan beberapa hari di dalam lemari pendingin. meskipun disimpan cukup lama, selama tidak terkontaminasi dengan suhu panas, makan kandungan gizi dan zat vitamin di dalamnya akan tetap terjaga.

Acar sudah terkenal di beberapa negara khususnya di indonesia, dimana acar sering kita jumpai jika suatu keluarga punya hajat. Umumnya dalam hajatan, acar dipakai sebagai sajian pelengkap untuk nasi lauk telor bacem ditambah kerupuk udang, atau bisa juga pelengkap daging suwir atau aneka masakan daging kambing. Seperti halnya sambal, kurang lengkap rasanya bila suatu masakan favorit tidak ditambah dengan acar segar. Nah, sekarang pembaca bisa mencoba membuat resep praktis acar timun wortel sendiri. bahan yang akan digunakan untuk membuatnya sebaiknya disiapkan terlebih dahulu sehari sebelum proses pembuatan dan disimpan dulu di freezer agar mempercepat proses pembuatanya.

Resep acar yang kami bagikan kali ini menggunakan bahan segar atau yang masih mentah jadi kandungan zat dan vitamin didalamnya masih utuh terjaga. Untuk bahan yang diperlukan cukup simpel, yaitu mentimun dan wortel atau bisa juga ditambah beberapa butir bawang merah agar aroma semakin khas dan segar. Untuk bumbunya juga cukup mudah, yaitu beberapa rempah pilihan dan ditambah sedikit cuka makan akan tercipta citarasa yang sedap. Berikut adalah resep dan petunjuk cara membuat acar timun wortel mentah yang segar dan praktis.

Acar Timun Wortel
Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 1/2 kg mentimun segar
  • 2-3 buah wortel ukuran sedang
  • 3 buah bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt garam halus
  • 3-4 buah cabe rawit segar
  • 3 sdm gula pasir halus
  • 2 sdm cuka dapur
Cara Membuatnya:
  1. Cuci bersih mentimun, kemudian kupas dan hilangkan ujung timun, terakhir potong-potong timun menyerupai stik  dengan alat khusus pemotong timun untuk acar.
  2. Kupas wortel, cuci bersih dan potong dengan bentuk yang sama seperti timun.
  3. Tambahkan gula, garam dan cuka, aduk merata.
  4. Diamkan beberapa saat didalam kulkas. Sajikan.
Gimana? cukup mudah dan praktis kan? setelah tau resep dan cara membuatnya tentunya pembaca tergugah untuk segera praktek membuatnya. Lumayan buat dijadikan makanan pelengkap untuk makan siang atau malam :) demikianlah resep praktis kami hari ini dan jangan lupa kunjungi resep kami yang lain yang tak kalah menarik seperti yang sering pembaca lain kunjungi yaitu Resep Es Susu Campur Buah Segar dan bervitamin dan Resep Bakwan Jagung Sayuran Enak Bergizi. Sekian dan terimakasih banyak sudi berkunjung ke blog kami.

No comments:

Post a Comment