Resep Ayam Goreng Bacem Enak dan Praktis

Resep Ayam Goreng Bacem Gurih Khas Jogja - Selain terkenal dengan Gudeg nya, jogja juga masih punya beberapa masakan khas lainnya, diantaranya Ayam goreng bacem yang lezat, nikmat dan super mantap. Jika gudeg jogja terbuat dari sayuran (nangka), maka ayam goreng bacem khas jogja tentu bahan dasar utamanya adalah ayam. Ayam yang akan kita gunakan agar masakan ini lebih sempurna sebaiknya ayam kampung yang umurnya sedang-sedang saja (bahasa jawanya jemoko). Ayam goreng bacem punya rasa yang cukup khas dan nikmat, perpaduan rasa asam, manis dan gurih adalah rasa yang paling dominan yang membuat masakan ini jadi masakan kuliner yang cukup diminati.

Jika pembaca mampir ke jogja pasti banyak kedai atau warung yang menjual masakan ini, bahkan spanduk besar di pinggir jalan banyak terpampang beserta direction ke kedainya, apalagi bagi masyarakat jogja sendiri yang pastinya sangat mengenal masakan ini. Sekarang pembaca tidak perlu repot pergi ke jogja atau mencari-cari penjual ayam goreng bacem (kalau ayam goreng biasa atau ayam bakar mungkin banyak dan gampang mencarinya) karena Tim resep kami akan membagikan resep praktis dan cara membuatnya.

Sebelum kita mulai memberikan resep dan cara memasaknya, perlu diketahui bahwa bahan ayam yang digunakan sebaiknya cari daging ayam yang masih muda dan segar karena bahan dasar tersebut cukup menentukan rasa akhir dari nikmatnya ayam goreng bacem ini. Untuk bumbu-bumbunya tidak terlalu istimewa karena bumbu yang digunakan cukup umum seperti bumbu bacem lainnya. Hanya perlu sedikit resep rahasia yang nanti akan kami buka rahasianya. Nah, jika pembaca sudah tidak sabar ingin mengetahuinya, marilah kita mulai bagikan resepnya.

Ayam Goreng Bacem
Bahan dan Bumbu yang diperlukan:
  • 1 kg daging ayam muda segar, potong sesuai selera atau bisa juga dimasak utuh (dihilangkan ceker, kepala dan sayapnya)
  • 1 liter air bersih
  • 2 batang serai, geprek atau memarkan bagian putihnya
  • 3-5 lembar daun salam, basah atau baru petikdari pohon lebih bagus
  • Gula merah 1 gandu atau 1/2 tangkep
  • 2 ruas jari lengkuas, cuci bersi lalu geprek atau memarkan
  • Garam secukupnya saja
  • Penyedap masakan 1 sdt saja (saran yang rasa ayam agar klop dengan bahan)
  • 3 sdm kecap manis bango (biasa merk lain)
  • Air asam jawa 3 sdm
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
Bumbu Halus:
  • Bawang merah sebanyak 6 buah atau bisa diganti bawang bombai 1 buah
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Ketumbar 1 sdm (saran ketumbar halus agar mudah menghaluskanya dengan bahan lain)
 Cara Membuat Ayam Goreng Bacem:
  1. Siapkan wadah atau panci yang berisi 1 liter air bersih, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, gula merah, garam, penyedap rasa, lengkuas, daun salam, air asam jawa dan serai. masak hingga mendidih dan aduk hingga merata.
  2. setelah dimasak beberapa saat dan air rebusan sudah mulai berkurang dan mengental tambahkan kecap manis bango, aduk perlahan dengan api sedang sampai matang. Jika bumbu sudah meresap sempurna atau kuah mengental, matikan api. Tiriskan ayam.
  3. siapkan wajan yang berisi minyak goreng, panaskan dan goreng ayam dengan api sedang, aduk atau balik ayam agar tidak gosong. goreng hingga matang (jangan terlalu kering agar rasa bacemnya terasa khas). Angkat, hidangkan.
Cukup mudah dan praktis bukan? Silakan pembaca coba dirumah. jangan lupa kunjungi resep praktis kami lainnya ya. banyak resep-resep yang lezat namun praktis dan mudah membuatnya. Pembaca lainnya cukup menyukai  Resep Mie Ramen Ala Jepang atau Resep Wedang Ronde Komplit.

No comments:

Post a Comment