Resep Membuat Es Palu Butung Khas Makasar

Cara Membuat Es Palu Butung Khas Makasar - Kali ini kita sejenak berpindah ke masakan atau minuman daerah sulawesi khususnya kota makasar. Sobat ingat dengan Es Pisang Ijo yang juga khas makasar kan? Nah kali ini kita akan membahas resep es kembarannya yaitu Es Palu Butung. Seperti halnya es pisang ijo, es palu butung mempunyai beberapa kesamaan seperti bahan dasarnya yaitu dari buah pisang, secara tampilan juga agak sama, bedanya hanya terletak pada warnanya, dimana es pisang ijo diberi warna ijo sedangkan es palu butung tidak dan juga penyajiannya, es palu butung disajikan dengan bahan saus berupa bubur sumsum yang manis dan enak.

Es palu butung terbuat dari bahan dasar pisang yaitu pisang kepok atau pisang raja, karena kedua jenis pisang tersebut memang memiliki keunikan rasa yaitu tidak berubah jika diolahdengan cara apapun termasuk juga untuk pisang goreng. Selain kedua jenis pisang tersebut bisa berubah rasa apabila igoreng atau dimasak dengan cara lainnya. Es ini rasanya sungguh segar, manis dan mantap, jika sobat mencobanya pasti akan ketagihan akan citarasa dan kesegarannya. Minuman ini sangat terkenal di kota makasar daerah sulawesi dan bahkan sekarang sudah sampai ke luar kota makasar, di daerah jawa dan beberapa daerah lainnya.

Cara membuat minuman ini cukup mudah dan praktis. Jika sobat penasaran dengan rasanya dan agak kesulitan mencari penjual es ini,  sobat bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya cukup simpel dan kali ini kami sudah mempersiapkan resep, tips dan cara membuatnya. Minuman ini sangat cocok disajikan di siang hari saat matahari terik dan saat sedang berkumpul atau beristirahat bersama anggota keluarga atau teman sekantor. Langsung saja yuk kita praktekkan resep dan cara membuat Es Palu Butung Segar ini.

Es Palu Butung

Bahan yang Diperlukan:
  • Pisang Kepok atau Pisang Raja, kukus, iris miring - 3 s/d 4 buah
  • Sirup Merah rasa Cocopandan - Secukupnya
  • Es - Secukupnya
  • Susu Kental Manis Full Cream - secukupnya
Bahan untuk Saus atau Bubur Sumsum:
  • Santan Kelapa - 1 liter
  • Daun Pandan, buat simpul - 1 helai
  • Gula Pasir - 1 ons
  • Garam - 3/4 sdt
  • Tepung Beras - 2 sdm
 Cara Membuat Es Palu Butung:
  1. Kukus Pisang kepok atau pisang raja sampai setengah matang atau kenyal dan kulit berubah agak kecoklatan. Angkat dan kemudian potong serong pisang atau sesuai selera.
  2. Membuat Saus atau Bubur Sumsum: campur semua bahan saus atau bubur di dalam panci yang sudah dipanaskan lalu aduk secara merata, jika sudah mengental lalu masukkan daun pandan kedalamnya dan aduk lagi hingga berbau harum. Rebus terus dengan api kecil sampai saus mengental dan dinginkan.
  3. Cara Menyajikan: tata potongan buah pisang ke dalam mangkok atau gelas saji, kemudian beri serutan es batu diatasnya dan siram dengan saus atau bubur sumsum lalu terakhir siram dengan sirup cocopandan dan susu kental manis.
  4. Es Palu Butung segar dan nikmat siap disajikan.
Tips: Pilih pisang kepok atau pisang raja yang sudah tua dan matang sempurna namun tidak terlalu matang agar rasanya manis dan  tingkat kekenyalan merata

Demikianlah resep, tips dan cara membuat Es Palu Butung Eak dan Segar Khas kota Makasar. Semoga dengan resep minuman ini bisa menambah wawasan sobat dalam bidang resep dan memasak. Sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment