Resep dan cara Membuat Cumi Bakar Pedas Lezat Maknyus

Resep Cumi bakar Pedas Lezat Maknyus: Cumi adalah hewan laut yang memiliki keunikan dan segudang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seafood yang satu ini termasuk makanan laut favorit dan bisa dimasak menjadi beraneka macam masakan, baik bakar, goreng maupung rebus dan juga bisa dimasak dengan bumbu sesuai selera, mau dibuat pedas, asin ataupun manis juga bisa. Tak bisa dipungkiri kalau cumi itu mempunyai kandungan zat gizi yang cukup banyak dan penting bagi tubuh kita.

Cumi banyak mengandung protein yang tinggi, omega 3, zat besi, niasin, riboflavin dan masih banyak kandungan senyawa lainya yang bagus untuk tubuh kita, selain itu tinta cumi sendiri mengandung anti angiogenic yaitu zat untuk mencegah pertumbuhan tumor. Khasiat lain dari cumi adalah membantu pembentukan sel darah merah dan darah putih, menurunkan kolesterol, menambah nafsu makan, memperkuat tulang, kesehatan jantung dan masih banyak lagi khasiat lainya.

Itulah sedikit penjelasan tentang cumi dan manfaatnya bagi kesehatan, kali ini Tim Resep Praktis Lengkap akan membagikan resep Cumi bakar pedas lezat maknyus untuk pembaca sekalian yang suka dengan seafood khususnya cumi. Sudah kami sebutkan tadi kalau cumi adalah bahan makanan yang cukup fleksible yaitu bisa dioleh sesuai selera dengan berbagai cara dan beraneka macam rasa, untuk cumi bakar pedas sendiri akan ditonjolkan dengan rasa pedas namun rasa gurih dari cumi masih tetap terasa sehingga akan terpadu menjadi rasa yang lezat dan maknyus. Bumbu yang akan kami sajikan disominasi oleh cabe, jahe dan serai untuk rasa pedas yang khas dan berbeda.

Bahan dan bumbu cumi bakar pedas tidak terlalu banyak dan juga cukup mudah dan praktis cara memasaknya. langsung saja inilah resep dan cara membuat cumi bakar pedas yang akan menggoda selera, silakan disimak.

Cumi Bakar Pedas

Bahan-bahan:
  • 1/2 kg cumi segar (atau sesuaikan porsi)
  • 3 sdm minyak goreng/margarin
  • Jeruk nipis 1 buah
Bumbu-bumbu (perendam/oles):
  • 2 ons cabe merah segar
  • 50 gr cabe rawit
  • Bawang merah 10 buah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe, memarkan
  • 3 ruas jari kunyit, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
Cara memasaknya:
  1. Semua bumbu untuk merendam dan melumuri dihaluskan terlebih dahulu, kemudian tumis dalam minyak panas/margarin hingga harum baunya, jika sudah matang lalu angkat. Beri perasan jeruk nipis, aduk hingga merata.
  2. Lumuri cumi dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, diamkan kurang lebih 2-3 jam agar bumbunya meresap sempurna ke dalam cumi.
  3. Bakar diatas panggangan atau dengan bara api agar lebih maknyus, sesekali olesi lagi dengan bumbu perendam/oles yang tersisa tadi.
  4. bakar sampai matang berwarna kecoklatan dan sajikan. Untuk 1/2 kg cumi biasanya sama dengan 5 porsi.
Mudah dan praktis bukan? Silakan pembaca mencoba sendiri di rumah untuk resep cumi bakar pedasnya. terimakasih telah mengunjungi dan membaca resep yang ada di blog kami. Semoga masakannya berhasil dan rasanya lezat, salam koki ^_^

No comments:

Post a Comment