Cara Memasak Kacang Panjang Bumbu Kuning

Resep Membuat Masakan Kacang Panjang Bumbu Kuning - Kacang panjang adalah bahan masakan yaang cukup banyak digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga dan masakan kacang panjang juga sering dijual ditempat-tempat makan. Kacang panjang banyak digunakan dan dipilih untuk masak sayur sehari-hari karena cara mengolahnya yang mudah dan praktis serta bisa dibuat menjadi beraneka macam jenis masakan baik masakan tumis, kuah dan sebagainya.

Kacang panjang sering juga digunakan sebagai bahan pelengkap atau campuran sayur lain seperti gado-gado, pecel, tumis tempe dan sebagainya, bahkan sering dijadikan lalapan. Bahan sayuran ini juga dikenal diseluruh pelosok nusantara ini, cara menanamnya juga mudah, harganya relatif murah dan banyak ditemukan dipasar tradisional maupun di tukang sayur keliling.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan menyajikan resep masakan kacang panjang yaitu kacang Panjang Bumbu Kuning yang masih merupakan masakan khas padang yang cukup terkenal dan biasa tersedia di rumah makan padang. Masakan ini dibuat dengan kacang panjang yang diberi bumbu kuning sehingga menghasilkan tampilan yang menarik dan citarasa yang lezat.

Cara memasak kacang panjang bumbu kuning ini cukup mudah dan praktis. Sobat bisa mencobanya di rumah atau yang sedang belajar memasak bisa menjadikan resep ini sebagai uji coba belajar memasak sobat. Masakan ini cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam untuk keluarga. Seperti apa resep, bumbu dan cara memasaknya, langsung saja kita simak uraian di bawah ini.

Kacang Panjang Bumbu Kuning

Bahan yang Diperlukan:
  • Kacang Panjang, potong 3 cm, cuci - 2 ons
  • Lengkuas, memarkan - 2 cm
  • Daun Salam - 3 helai
  • Air Kaldu Ayam - 1/2 liter
  • Minyak Goreng - Secukupnya
Bumbu Halus yang Diperlukan:
  • Bawang Merah - 6 butir
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Cabe Meraah Besar - 3 buah
  • Kemiri - 3 butir
  • Kunyit - 4 cm
  • Terasi - 1 sdt
  • Grama dan Gula Pasir - Secukupnya
Cara Memasak Kacang Panjang Bumbu Kuning:
  1. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum baunya.
  2. Masukkan kacang panjang yang sudah dipotong dan dicuci bersih, lalu aduk sampai merata dan kacang panjang menjadi layu.
  3. Masukkan air kaldu ayam lalu aduk merata. Sesekali cicipi, jika kurang asin tambahkan garam dan jika kurang manis tambahkan gula pasir secukupnya. Masak sampai matang dan bumbu meresap. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Boleh ditambahkan pelengkap daging, udang atau telur puyuh ke dalam masakan kacang panjang bumbu kuning sesuai selera.
Mudah dan praktis bukan, cara memasak kacang panjang bumbu kuning? bahkan pemula yang sedang belajar memasak sekalipun kami rasa akan bisa memasaknya dengan benar. Semoga sajian resep kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian yang sedang mencari resep sayuran praktis dan semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan koleksi resep di dapur sobat. Sekian dan selamat memasak.

No comments:

Post a Comment