Resep Cara Membuat Tongkol Balado Enak Pedas

Cara Membuat Masakan Tongkol Balado Pedas Khas Padang - Ikan tongkol adalah varian ikan yang sudah sangat populer dan dipakai untuk berbagai jenis masakan. Ikan tongkol banyak dipilih karena selain dagingnya yang tebal dan rasanya yang enak, ikan tongkol juga mempunya beragam manfaat dan kandungan gizi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Ikan tongkol mengandung banyak gizi seperti protein, zat besi, vitamin dan mineral yang mempunyai fingsi penting bagi perkembangan tubuh kita dan juga bisa menanggulangi berbagai macam keluhan kesehatan. Beberapa diantara manfaat ikan tongkol adalah menjaga kesehatan mata, mengatasi rematik atau linu tulang, mencegah dan mengobati anemia, mencegah kulit kusam bahkan sangat bagus untuk ibu hamil dan sebagainya.

Berbagai varian masakan dengan bahan ikan tongkol sering kita jumpai di restoran maupun rumah makan padang, seperti rendang tongkol, balado tongkol, tongkol goreng dan sebagainya. Ikan yang rasanya enak dan gurih ini pengolahannya juga cukup mudah dan simpel apalagi tongkol goreng yang pengolahannya hanya dengan di goreng. Sobat bisa memilih varian masakan dengan ikan tongkol ini sesuai selera.

Pada kesempatan ini, Kami akan menuliskan resep yang cukup istimewa dan banyak disajikan di rumah makan padang yaitu Resep Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu balado Pedas yang merupakan masakan khas padang. Sobat bisa mencobanya di rumah dan menghidangkannya sebagai menu special untuk keluarga di rumah. Cocok sekali disajikan sebagai menu makan malam. Bagi penyuka masakan pedas, ikan tongkol balado ini juga sangat cocok sekali dan layak untuk dicoba. Langsung saja simak resepnya di bawah ini.

Tongkol Balado Pedas
Bahan yang Diperlukan:
  • Ikan Tongkol Segar - 1 kg
  • Tomat Merah Besar, Rebus - 2 buah
  • Air Perasan Jeruk Nipis - 2 sdm
  • Kunyit Bubuk - 1 sdt
  • Minyak Goreng, untuk menumis dan menggoreng ikan - Secukupnya
  • Jeruk Nipis, ambil airnya - 1 buah
  • Garam - Secukupnya
Bumbu yang Diuleg/Ditumbuk Kasar:
  • Bawang Putih - 4 siung
  • Cabe Merah - 10 buah
Cara Membuat Ikan Tongkol Balado Pedas:
  1. Cuci bersih ikan tongkol, kerat kulitnya atau bisa juga dipotong sesuai selera, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis agar hilang bau amisnya kira-kira 15 menit. Setelah 15 menit, bilas atau cuci kembali ikan tongkolnya, tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya adalah lumuri ikan tongkol dengan kunyit bubuk ditambah dengan sisa air peraasan jeruk nipis tadi, diamkan lagi selama 15 menit. Setelah 15 menit lalu goreng ikan di dalam minyak panas yang cukup sampai ikan tongkol matang. Angkat, tiriskan.
  3.  Panasakan Minyak goreng untuk menumis, tumis bumbu yang sudah diulek atau ditumbuk kasar tadi sampai berbau harum. Lalu masukkan tomat merah dan aduk secara merata.
  4. Langkah terakhir, masukkan ikan tongkol kemudian aduk rata, tambahkan air jeruk nipis dari 1 buah jeruk tadi kemudian masak sampai matang dan bumbu meresap sempurna. Angkat, tiriskan dan hidangkan.
Tips: Goreng ikan tongkol jangan sampai terlalu matang agar vitamin yang terkadnung dalam ikan tongkol tidak hilang serta daging tongkol bisa lebih empuk dan gurih.
Itulah sedikit tulisan dari kami tentang resep ikan tongkol balado pedas khas padang. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan bisa membantu dalam memasak masakan ikan tongkol balado yang enak dan lezat. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment