Cara Membuat Sambal Hijau Khas Padang

Resep Cara Membuat Sambal Cabe Hijau Enak - Siapa yang tidak mengenal sambal? Sambal adalah makanan pelengkap yang paling banyak digunakan dan bahkan tak sedikit terdengar ungkapan "makan tanpa sambal bagaikan malam tak berbintang". Hal tersebut bahkan pernah diungkapkan oleh mantan presiden SBY yang juga salah satu penikmat sambal di suatu acara kompas TV.

Memang tak sedikit orang yang sangat suka dengan sambal bahkan para penggila sambal akan terasa hambar apabila makan apapun tanpa kehadiran sambal yang enak dan pedas. Sambal sangat disukai meskipun rasanya pedas namun sambal bisa membangkitkan selera makan, sambal juga cocok dijadikan teman makan apapun seperti nasi, kerupuk, gorengan, camilan dan sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sambal yang enak dan nikmat yaitu sambal hijau khas padang. Makanan padang atau rumah makan padang memang sangat identik dengan rasa pedas ya, tak heran kalau di semua rumah makan pada itu wajib ada sambal dan berbagai masakan pedas lainnya, contoh sambal yang sangat disukai di daerah padang adalah sambal cabe hijau.

Kenapa dinamakan sambal hijau? Ya, karena sambal yang dibuat berwarna hijau segar dan memang terbuat dari bahan cabe hijau dan tomat hijau yang masih agak muda dan segar. Tampilan sambel hijau khas padang ini memang benar-benar menggoda selera, rasannya pun sangat enak dan nikmat. Sangat cocok dinikmati dengan nasi puih dan lauk pauk khas padang.

Jika sobat sudah mencicipinya pasti lidah sobat serasa tidak mau berhenti, meskipun rasanya sungguh pedas, namun seolah sambal hijau ini menghipnotis kita agar tidak berhenti menyantapnya. Bagi sobat pecinta makanan pedas khususnya sambal maka sambal hijau ini sangatlah cocok dan layak untuk dicoba. Sobat bisa mendapatkan sambal hijau di semua rumah makan padang karena ini merupakan sambal yang wajib ada di setiap rumah makan padang.

Tetapi kalau sobat agak malas pergi ke rumah makan padang atau ingin lebih praktis dan hemat, sobat bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya sangatlah simpel dan praktis, siapapun pasti bisa membuatnya bahkan pemula yang baru belajar memasak pun bisa. Nah bagaimana cara membuat Sambal Cabe Hijau Khas Padang ini, langsung saja kita simak resep dan caranya bersama-sama.

Sambal Hijau

Bahan yang Diperlukan:
  • Cabe Hijau Besar dan Segar, buang tangkainya - 3 ons
  • Cabe Rawit Hijau Segar, jika ingin lebih pedas - 1/2 ons
  • Bawang Merah - 5 butir
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Tomat Hijau Segar - 3 buah
  • Air Perasan Jeruk Nipis - 1/2 sdt
  • Garam dan Gula Pasir - Secukupnya
  • Minyak Goreng, untuk menggoreng - Secukupnya
Cara Membuat Sambal Cabe Hijau:
  1. Potong kasar cabe hijau dan cabe rawit hijau, kemudian rebus atau bisa juga dikukus cabe hijau, cabe rawit hijau, tomat hijau, bawang merah dan bawang putih sampai layu.
  2. Tumbuk atau uleg semua bahan yang sudah direbus hingga lumat dan tercampur rata, namun jangan sampai terlalu lembut.
  3. Panaskan minyak goreng kemudian tumis sambal hijau sampai berbau harum. Tambahkan air jeruk, gula dan garam secukupnya lalu masak lagi sampai benar-benar matang. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Untuk jumlah bahan cabe rawit bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera dan tingkat level pedas dari sambal cabe hijau.
Demikianlah resep dan cara praktis membuat sambal cabe hijau enak dan lezat khas padang. Semoga informasi resep sambal hijau kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian. Mulai sekarang sobat bisa membuat dan menikmati sambal hijau yang lezat dan menggugah selera. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment