Resep Cara Membuat Sate Padang Asli Enak

Cara Membuat Sate Padang Asli Lezat - Sebelumnya kami telah menuliskan Resep Cara Membuat Sate Ayam Khas Madura special, kali ini kami akan beralih ke masakan khas padang dan kembali membagikan resep sate yang tak kalah enak dan lezat yaitu sate padang asli yang enak dan sedap. Seolah-olah tidak akan ada habisnya kalau kita membicarakan tentang masakan padang. Padang memang gudangnya masakan khas dan menu-menu lezat yang sangat populer dan diburu oleh para kuliner nusantara.

Pada kesempatan yang lalu kita sudah sering membahas resep-resep dan cara membuat masakan khas padang seperti kalio buntut sapi, dendeng balado, asam padeh, ayam panggang padang dan sebagainya, sekarang kita akan beralih ke masakan khas padang yang lainnya yaitu sate padang. Sate padang adalah masakan yang cukup terkenal akan keunikan dan kelezatannya dan tentunya menjadi favorit di kalangan kuliner.

Sate padang biasanya menggunakan bahan daging sapi saja atau yang sudah cukup terkenal yaitu menggunakan campuran daging sapi, lidah sapi, gajih, jantung sapi dan sebagainya yang menambah keunikan masakan sate ini. Selain bahan yang digunakan untuk sate padang ini, ciri khas dari sate padang yang lainnya dan cukup unik yaitu kuah atau bumbu satenya yang memang unik dan lain dari yang lain.

Bumbu sate padang dari segi tampilannya cukup unik yaitu berwarna kuning dan kental. Warna kuning dari kuah sate padang terbuat dari kunyit dan berbagai rempah pilihan yang membuat citarasa sate menjadi semakin sedap dan mantap. Sate padang biasanya tersedia di berbagai rumah makan padang, sobat bisa mencicipinya di rumah makan padang terdekat di kota sobat.

Tetapi jika sobat tidak mau repot pergi ke rumah makan padang, sobat bisa membuatnya sendiri dengan resep yang akan kita bahas disini. Cara membuat sate padang ternyata tidak terlalu sulit, yang terpenting adalah kita tau resep, komposisi bahan dan tahap cara membuatnya. Langsung saja kita simak yuk, Resep Cara Membuat Sate Padang Asli yang Enak dan Lezat.

Sate Padang

Bahan yang Diperlukan:
  • Lidah Sapi atau sandung lamur - 1/4 kg
  • Tepung Beras - 1/2 ons
  • Jantung Sapi - 1/4 kg
  • Lemak Sapi atau gajih - 1 ons
  • Daun Jeruk Purut - 5 helai
  • Serai, memarkan - 1 batang
  • Asam kandis - 2 potong
  • Garam dan Air Bersih - Secukupnya
  • Minyak Goreng - Secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Cabe Merah Segar - 10 buah
  • Bawang Merah - 10 butir
  • Ketumbar, sangrai atau boleh menggunakan ketumbar bubuk - 2 sdm
  • Merica bulat atau boleh menggunakan merica bubuk - 1 sdt 
  • Jintan, sangrai - 1 sdt
  • Kunyit, cincang - 1 sdm
  • Lengkuas dan Jahe, cincang - @2 cm
Cara Membuat Sate Padang:
  1. Langkah pertama, rebus daging sapi yaitu jantung dan lidah sapi serta bumbu halus (kecuali tepung beras) sampai empuk.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng lalu larutkan lemak sapi atau gajih sampai mencair dan menjadi minyak. Minyak ini untuk olesan saat membakar sate nanti.
  3. Potong-potong daging sapi kecil-kecil dan tusuk semua daging dengan tusukan sate lalu bakar sate diatas bara api sampai sate matang, sesekali olesi sate dengan minyak gajih yang sudah dibuat tadi.
  4. Membuat Kuah atau Bumbu Sate: Rebus lagi sisa kuah rebusan daging tadi lalu tambahkan tepung beras yang telah dicairkan dengan air, aduk merata sampai mengental.
  5. Penyajiannya: sajikan sate diatas piring saji lalu siram sate dengan kuah atau bumbunya, boleh ditambahkan bawang goreng, irisan cabe hijau dan bawang merah mentah. Sate padang lezat siap dinikmati.
Tips:  Daging untuk sate bebas, boleh daging saja atau campuran dari bagian daging sapi seperti lidah sapi, jantung, paru, babat dan sebagainya sesuai selera.
Demikianlah sedikit tulisan dari kami tentang resep dan cara membuat sate padang asli yang enak dan lezat. Semoga bermanfaat dan membantu sobat yang sedang ingin membuat sate padang sendiri di rumah. Sate padang sangat cocok untuk hidangan special keluarga atau untuk jamuan makan untuk sodara, teman atau tamu istimewa lainnya. Bisa disajikan dengan nasi atau lontong serta pelengkap lain sesuai selera. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment