Resep Cara Membuat Gulai Sotong Enak Khas Padang

Cara Memasak Gulai Sotong Ala Padang Lezat - Lagi-lagi kita akan membahas masakan khas padang, memang masakan padang ini tidak akan ada habisnya kalau kita angkat sebagai topik suatu masakan. Masakan yang satu ini juga tak kalah tenar sebagai menu masakan padang dan banyak tersedia di berbagai rumah makan padang serta menjadi masakan favorit.

Masakan yang akan kita bahas kali ini adalah berhubungan dengan ikan sotong tepatnya Gulai Ikan Sotong ala padang yang enak dan lezat. Ikan sotong sendiri bagi sebagian orang biasanya sering disamakan dengan cumi, tapi sebenarnya antara ikan sotong dan cumi itu berbeda. Memang ada sedikit kemiripan namun perbedaannya adalah ikan sotong berbentuk pipih dan bercangkang agak keras sedangkan cumi berbentuk silinder dan terksturnya lunak.

Ikan sotong banyak hidup di perairan tawar, payau maupun air asin atau air laut. Tak kalah dengan cumi, ikan ini juga punya banyak manfaat dan kandunan gizi seprerti protein, zat besi, fosfor dan sebagainya. Sama halnya dengan cumi, sotong ini juga punya perlindungan diri berupa tinta yang sering disemprotkan saat kondisi lingkungan mengancam.

Ikan sotong juga sangat digemari sebagai makanan seafood selain cumi, kerang, udang dan sebagainya karena ikan ini juga bisa dibuat menjadi aneka masakan seperti halnya cumi dan seafood lainnya. Contoh dari masakan ikan sotong yang akan kita bahas disini adalah gulai sotong, gulai sotong cukup terkenal dan menjadi favorit masyarakat padang dan bahkan orang luar padang juga sering menyantapnya di rumah makan padang.

Selain dimasak gulai, ikan sotong juga bisa dimasak dengan berbagai cara misalnya sotong goreng biasa, sotong goreng tepung, sotong masak sambal, sotong saus tiram, sotong masak bakar, sotong masak merah dan masih banyak lagi. Disini kita akan fokus ke resep cara membuat gulai sotong special khas padang yang enak dan lezat. Sebaiknya langsung saja yuk kita simak resep, bumbu apa saja dan juga cara membuatnya.

Gulai Sotong

Bahan yang Diperlukan:
  • Ikan Sotong - 1kg
  • Daun kemangi atau ruku-ruku - 1 ikat
  • Santan Sedang (tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental) - 3 gelas atau dari 1,5 butir kelapa
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 7 butir
  • Bawang Putih - 4 siung
  • Cabe Merah  - 1,5 ons
  • Asam Kandis - 2 potong
  • Kemiri - 4 butir
  • Jahe - 1 cm
  • Tomat sedang, potong-potong - 2 buah
  • Serai, geprek - 2 batang
  • Daun Kunyit - 1 helai
  • Garam dan Penyedap rasa - Secukupnya
Cara Memasak Gulai Sotong:
  1. Bersihkan ikan sotong, hilangkan kotoran dan kantung tintanya, kupas cangkang atau kulit yang berwarna merah dan hilangkan juga kepalanya, setelah itu cuci bersih, sisihkan.
  2. Rebus ikan sotong kurang lebih selama 10 menit, tambahkan sedikit garam, lalu angkat. Satukan lagi sotong dengan kepalanya dengan cara disemat menggunakan lidi.
  3. Siapkan alat masak atau panci lalu masukkan santan beserta bumbu halus dan juga batang serai dan daun kunyit. Masak dengan api sedang dan diaduk-aduk secara merata.
  4. masukkan ikan sotong dan masak lagi sampai mendidih dan matang. Setelah matang baru masukkan tomat dan juga daun kemangi, masak sejenak dengan api kecil. Angkat, tiriskan dan sajikan
Tips: Tingkat keasinan ikan sotong bisa diatur dengan menambahkan garam sedikit saja karena biasanya ikan sotong sudah terasa asin, atau kalau memang suka dengan rasa aasin boleh tambahkan garam sesuai selera.
Demikianlah resep dan cara memasak gulai sotong khas padang yang enak dan lezat. Semoga info resep kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian, khususnya yang sedang mencari resep dan cara membuat gulai sotong khas padang. Sekian dulu sedikit uraian dari kami dan nantikan resep selanjutnya yang tak kalah menarik dan praktis. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment