Resep Membuat Palai Ikan Khas Padang Enak

Cara Memasak Masakan Palai Ikan Khas Padang - Kalau di daerah jawa, Masakan ikan palai ini mirip dengan pepes. Bahan dan cara membuatnya juga hampir mirip, yaitu dengan bahan ikan bawal atau kakap yang dibungkus dengan daun dan dibakar. masakan ini cukup khas dan menjadi favorit di daerah padang karena bumbu dan citarasanya yang enak dan lezat. Kalau di daerah padang masakan ini sering disebut palai ikan atau palai bada.

Masakan ikan palai ini dimasak dngan cara dibakar, sebelum dibakar ikan palai dilumuri bumbu tradisional khas daerah padang dan kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara api kecil. Masakan ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat, citarasa bumbu khas nya sungguh lezat dipadukan dengan ikan bawal yang gurih dan sedikit manis yang pastinya akan menggugah selera makan sobat dan memanjakan lidah bagi penikmatnya.

Sekarang sobat tidak perlu khawatir jika ingin menyantap masakan ini karena sobat bisa membuatnya sendiri dengan bahan, bumbu dan cara memasaknya yang akan kami bagikan kali ini. Cara membuatnya cukup mudah,sobat tinggal menyiapkan bahan dan bumbu yang diperlukan dan membaca resep dan cara yang kami tuliskan, kami rasa sobat akan mudah membuatnya. Langsung saja yuk kita menuju resep dan cara membuat palai Ikan khas Padang yang Enak dan lezat serta praktis ini.

Palai Ikan

Bahan yang Diperlukan:
  • Ikan Bawal atau Ikan Kakap - 1 ekor
  • Kelapa - 2 butir
  • Daun Pisang - Secukupnya
Bumbu yang Diperlukan:
  • Cabe Merah Besar - 5 buah
  • Cabe Rawit - 10 buah
  • Kunyit - 1 ruas jari
  • Daun Kunyit - 2 helai
  • Belimbing Wuluh - 4 buah
  • Garam - Secukupny
Cara Membuat Palai Ikan:
  1. Bersihkan ikan, buang isi perutnya lalu gores-gores badan ikan namun jangan terlalu dekat jaraknya.
  2. Parut kelapa yang sudah disediakan kemudian ambil santannya yang kental.
  3. Haluskan semua bumbu kecuali belimbing wuluh dan daun kunyit. Untuk daun kunyit iris halus dan belimbing wuluh iris tipis.
  4. Campurkan bumbu dan kunyit serta belimbing wuluh menjadi satu lalu tambahkan santan dan aduk merata.
  5. Langkah terakhir adalah lumuri ikan dengan bumbu tersebut, biarkan ikan selama kurang lebih 30 menit, lalu bungkus dengan daun pisang, semat dengan lidi dan bakar atau panggang sampai matang diatas bara api kecil. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Agar ikan tidak berbau amis, boleh ditambahkan perasan jeruk nipis terlebih dahulu, dalam membakar bisa dibolak balik agar kedua sisinya matang.
Demikian resep dan cara membuat Palai Ikan khas padang yang enak dan lezat. Sangat cocok disajikan sebagai menu makan keluarga atau disajikan saat ada acara khusus. Semoga resep palai ikan ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan bisa menambah wawasan tentang masakan nusantara. Sekian dan selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment