Resep Membuat Rendang Limpa dan Hati Enak Asli Padang

Cara Memasak Rendang Limpa dan Hati Khas Padang - Siapa yang tidak mengenal rendang? Rendang sangat terkenal bahkan dunia pun mengenal masakan ini dan menjadikannya masakan paling lezat sedunia versi CNN. Rendang biasa dimasak dengan bahan daging sapi, namun tak jarang juga ada yang menggunakan bahan selain daging sapi.

Memang masakan ini sangat lezat dan menggoda selera, selain rendang daging sapi ternyata masih ada rendang yang tak kalah lezat yaitu rendang Limpa dan Hati sapi. Limpa dan hati adalah sejenis daging yang paling disukai dan dicari, selain karena kelezatanya, limpa dan hati ini memiliki rasa yang berbeda dengan daging, lebih gurih, empuk dan lebih mudah dimasak.

Rendang hati dan limpa adalah masakan yang terkenal di daerah padang. Biasanya masakan ini disajikan di rumah makan padang bersama dengan rendang daging atau ikan. Masakan ini memang cukup ribet dan memerlukan waktu tidak sedikit, tetapi sobat tidak perlu khawatir karena dibalik keribetan memasaknya sobat akan terganjar dengan kelezatan dan kenikmatan citarasanya.

Apabila dimasak dengan benar maka masakan ini akan bisa bertahan lama dengan cara penyimpanan dan pemanasan kembali dengan baik. Lalu bagaimana cara membuat dan resep dari masakan rendang limpa dan hati yang terkenal enak dan lezat ini. Disini adalah tugas kami menuliskan resep dan cara membuatnya sehingga sobat bisa dengan mudah mempraktekkanya. Langsung saja kita simak resep dan caranya.

Rendang Limpa dan Hati
Bahan yang Diperlukan:
  • Limpa dan Hati, potong-potong - 1 kg
  • Santan Kental dari 4 butir kelapa - 10 gelas
  • Cabe Giling - 2 sdm
  • Daun Jeruk Purut - 6 helai
  • Daun Kunyit - 1 helai
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Putih - 8 siung
  • Cabe Giling - 2 sdm
  • Kunyit - 1 ruas jari
  • Cabe Rawit - 25 biji
  • Merica - 40 butir
  • Garam - Secukupnya
Cara Membuat Rendang Limpa dan Hati:
  1. Langkah pertama adalah campurkan potongan daging limpa dan hati dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Siapkan wajan atau panci, kemudian masukkan daging dan limpa bersama santan kental, masak sambil di aduk merata.
  3. Masukkan daun jeruk purut dan daun kunyit ke dalam rebusan dan masak lagi sampai mengeluarkan minyaknya, aduk terus agar santan tidak pecah dan berbulir.
  4. Kalau minyaknya sudah keluar, kecilkan api agar tidak gosong dan masak lagi sampai berwarna coklat tua, aduk dan bolak balik terus dagingnya agar matangnya merata dan sempurna. Angkat, tiriskan, sajikan.
Tips: Daging limpa dan hati diberi perasan air jeruk dulu agar tidak terlalu amis dan lebih cepat empuk dan gurih.
Demikianlah resep dan cara membuat rendang limpa dan hati khas padang asli yang enak dan lezat. Sobat bisa membuatnya sendiri di rumah dan sajikan sebagai masakan istimewa bagi menu makan untuk keluarga tercinta. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal masak memasak. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment