Resep Membuat Sasate Ikan Bandeng Enak Khas NTB

Cara Memasak Sasate Bandeng Asli NTB - Bandeng adalah bahan makanan yang cukup disukai dan laris dipasaran karena ikan ini bisa diolah menjdai berbagai macam masakan baik dengan cara digoreng, dipepes, dibakar, dikukus, dipindang atau diasap. Ikan bandeng dipilih karena dagingnya yang gurih, tidak asin seperti ikan laut lainnya dan dagingnya tidak mudah hancur apabila dimasak. Ikan ini juga sering dimasukkan ke dalam daftar masakan seafood.

Berbagai jenis masakan tersaji dengan bahan bandeng ini, salah satu diantaranya adalah masakan khas Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah sangat populer yaitu Sasate Ikan Bandeng. Masakan ini terbuat dari ikan bandeng segar yang diberi bumbu parutan kelapa dan telur kemudian dimasak dengan cara digoreng. rasanya yang enak dan gurih membuat masakan ini terkenal sampai ke daerah-daerah di seluruh nusantara ini.

Kalau sobat penasaran dengan kelezatan masakan ini, sekarang sobat tidak perlu susah-susah mencarinya karena disini kami akan memberikan resep dan cara membuat sasate bandeng ini, sobat tinggal mempraktekkannya saja. Masakan sasate ini cocok sekali dijadikan hidangan istimewa untuk menu makan dimeja makan nanti. Cara membuat dan resep bahan bumbunya cukup mudah. Langsung saja kita simak resep dan caranya.

Sasate Ikan Bandeng

Bahan yang Dibutuhkan:
  • Ikan Bandeng Segar Ukuran sedang atau besar - 2 ekor
  • Kelapa Setengah Tua, parut dan sangrai - 1/2 butir
  • Telor Ayam atau Bebek, untyk merendam, kocok lepas - 1 butir
  • Minyak Goreng - secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 5 butir
  • Bawang Putih - 2 siung
  • Asam Jawa - 1/2 sdt
  • Merica Halus - 1 sdt
  • Lengkuas - 1 ruas jari
  • Garam - Secukupnya
Cara Membuat Sasate Ikan Bandeng:
  1. Langkah pertama adalah bersihkan ikan bandeng, buang semua isi perutnya dan cuci bersih, tiriskan.
  2. Parut kelapa setengah tua agak kasar dan kemudian sangrai, setelah disangrai baru kemudian bisa dihaluskan.
  3. Bakar ikan bandeng di atas bara api, kemudian tekuk ekornya sampai patah, kemudian tarik duri atau tulangnya keluar dari lubang leher dan pisahkan duri-duri ikan bandeng dari dagingnya.
  4. Campurkan daging ikan bandeng dengan parutan kelapa sangrai tadi dan bumbu halus serta telur.
  5. Kemudian bentuk adonan sedemikian rupa, misalnya segi empat, segitiga, bulat lonjong dan sebagainya sesuai selera.
  6. Langkah terakhir adalah goreng adonan yang sudah dibentuk ke dalam minyak goreng sampai matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Sasate ikan bandeng juga bisa dibentuk seperti bandeng utuh, tinggal kreasi sobat saja yang bermain disini.
Demikianlah resep dan cara membuat sasate ikan bandeng enak dan gurih, masakan asli khas NTB yang lezat, mudah dan praktis cara membuatnya. Cocok sekali disajikan dengan nasi putih hangat dan bahan pelengkap sesuai selera. Hidangkan masakan sasate bandeng ini sebagai menu istimewa untuk keluarga tercinta. Sekian sedikit tulisan resep dari kami, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan memasak di dapur anda. Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment