Resep Membuat Rendang Bola Daging Lezat dan Enak

Cara Membuat Rendang Bola Daging Giling Khas Padang - Hari ini kita masih akan membahas seputar rendang ya sob, sobat jangan bosan dulu karena resep rendang kali ini juga sangat istimewa yaitu Rendang Bola Daging Giling Khas Padang yang lezat dan special. Masakan ini secara tampilan juga cukup memukau, selain teksturnya yang menarik, bentuknya juga bulat unik, citarasanya pun sudah tentu tak kalah lezat dan nikmat dengan masakan rendang lainnya.

Apapun jenis masakannya jika diolah dengan bumbu khas padang yang merupakan legenda ini pasti akan terasa nikmat dan lezat. Rendang, masakan yang paling populer dan most wanted ini emang sangat special, bahan apa saja yang dimasak dengan bumbu ini menjadi disukai baik dengan bahan ayam, ikan, daging, sayuran, telur dan masih banyak lagi.

Untuk kali ini kita akan fokus memasak masakan rendang yang juga masih merupakan masakan khas padang yaitu rendang bola daging. Cara membuatnya memang cukup memerlukan perhatian khusus karena daging yang akan dimasak harus digiling terlebih dahulu kemudian dibentuk menjadi bulat mirip bakso dan diberi bumbu rendang asli daerah padang, sumatera barat, oleh karena itu masakan ini juga sering disebut "Rendang Meatball".

Rasa daging yang gurih dan lezat serta empuk dipadukan dengan bumbu rempah rendang ala padang, menjadikan masakan ini disukai dan siapapun yang mencoba mencicipinya pasti akan tergugah selera makannya dan ketagihan ingin terus mencicipinya. Sobat yang sudah penasaran dengan rendang ini bisa langsung mempraktekkanya, bisa sobat bikin sendiri di rumah dan sajikan sebagai menu sangat special untuk keluarga. Resep dan cara membuatnya akan kami tuliskan di bawah. Langsung saja yuk kita meluncur ke TKP untuk mengetahui resep dan cara membuat rendang bola daging ini.

Rendang Bola Daging
Bahan yang Diperlukan:
  • Daging Sapi Giling - 1/2 kg
  • Kelapa Parut - 1,5 ons
  • Santan Encer - 2 liter (dari 2 butir kelapa)
  • Daun Kunyit - 1 helai
  • Daun Jeruk Purut - 4 helai
  • Asam Kandis - 2 biji
  • Serai, memarkan - 1 batang
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 8 butir
  • Bawang Putih - 2 siung
  • Cabe Merah - 10 buah
  • Lengkuas, cincang - 2 sdm
  • Jahe, cincang - 2 sdm
  • Kunyit, cincang - 1/2 ruas jari
  • Garam - Secukupnya
Cara Membuat Rendang Bola Daging:
  1. Siangi kelapa parut hingga kecoklatan dan agak kering. Angkat, kemudian tumbuk hingga halus dan mengeluarkan minyak, sisihkan.
  2. Campur daging sapi giling dengan kelapa dan remas-remas hingga rata lalu bentuk bulat adonan daging seperti bakso dan sebesar bakso.
  3. Rebus santan cair, daun kunyit, daun jeruk purut, asam kandis, serai dan bumbu halus diatas api kecil sambil diaduk merata agar santan tidak pecah, aduk sampai santan mengental dan agak berminyak.
  4. Masukkan bola-bola daging kemuddian masak di atas api kecil sampai matang dan berubah warna serta santan mengering. Angkat, tiriskan, sajikan.
Tips: Pilih daging sapi yang rendah lemak, tidak ada gajih dan bagian yang mengandung lemak agar juga bisa dinikmati bagi siapa saja terutama bagi yang takut gemuk.
Mudah dan praktis kan, cara membuat rendang bola daging giling khas padang yang enak dan lezat? Sobat bisa mempraktekkannya dan menyajikannya sebagai menu makan siang atau makan malam special. Semoga resep dan tips cara membuat rendang bola daging ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat dalam hal memasak. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment