Resep Membuat Serundeng Ayam Goreng Enak Gurih

Cara Memasak Serundeng Ayam Enak dan Lezat - Selamat sore sobat sekalian, apa menu masakan sobat hari ini? Kalau sobat masih bingung untuk memilih menu makan malam nanti, sobat bisa membuat resep special yang akan kami sajikan hari ini, yaitu Ayam goreng bumbu serundeng dan serundeng ayam. kami sengaja memberikan 2 macam resep namun masih satu varian yaitu ayam goreng serundeng dan serundeng ayam.

Beda antara kedua masakan tersebut hanyalah pada tampilannya dan cara pengolahanya, kalau ayam goreng serundeng itu daging ayam masih dalam bentuk potongan-potongan besar namun kalau serundeng ayam itu sudah disuwir-suwir, namun keduanya menggunakan bumbu yang sama yaitu kelapa parut atau yang sering disebut serundeng.

Biasanya masakan serundeng dibuat dengan daging sapi atau bisa juga ikan, ataupun ati ampela, namun kali ini kami akan menyajikan resep dan cara membuat serundeng ayam goreng yang enak dan lezat, tak kalah dengan serundeng daging lainnya. Serundeng sendiri adalah jenis masakan dengan parutan kelapa dan dipadukan dengan bahan seperti daging, ikan, ayam dan sebagainya yang diberi bumbu seperti gula merah dan juga rempah.

Rasa dari serundeng ini sendiri sangatlah enak dan juga gurih karena terbuat dari kelapa. Selain gurih juga agak terasa manis karena serundeng juga dominan dengan bumbu gula jawanya. Masakan serundeng ini cocok sekali bagi sobat yang kurang suka masakan pedas. Langsung saja yuk kita simak cara dan resep membuat serundeng ayam suwir dan ayam goreng bumbu serundeng ini.

Serundeng Ayam Goreng

Bahan yang Diperlukan:
  • Ayam kampung, bersihkan, ptong jadi 8 - 1 ekor
  • Air Kelapa Muda - 1/2 liter
  • Kelapa Parut - 3 ons
  • Minyak Goreng - Secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 6 butir
  • Bawang Putih - 4 siung
  • Gula Merah, sisir - 2 sdm
  • Ketumbar - 1 sdm
  • Garam - 1 sdm
  • Daun Salam - 3 helai
  • Lengkuas, memarkan - 3 cm
  • Air Asam jawa - 2 sdm
Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng:
  1. Langkah pertama campurkan semua bumbu dan bahan, kecuali minyak goreng dan ayam. Masak hingga mendidih dan bumbu tercampur rata.
  2. Masukkan potongan ayam, kecilkan api dan ungkep sampai ayam matang dan bumbunya meresap. Angkat, tiriskan dan pisahkan bumbunya.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng ayam hingga matang berwarna kuning kecoklatan.
  4. Tumis sisa bumbu di teflon anti lengket hingga menjadi serundeng. Angkat, tiriskan dan sajikan bersama ayam gorengnya.
Cara Membuat Serundeng Ayam:
  1. Ungkep ayam dengan bumbu ungkep sampai matang. Angkat, tiriskan dan suwir-suwir daging ayamnya.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum baunya.
  3. Tambahkan ayam suwir, garam dan gula merah. Aduk secara merata dan kemudian tuang sisa air ungkepan ayam, masak sampai setengah meresap kemudian kecilkan api.
  4. Masukkan kelapa parut dan air asam jawa, masak hingga kering menjadi serundeng. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Perhatikan penggunaaan gula merah, gula merah yang terlalu banyak akan menyebabkan serundeng mudah gosong. Parutan kelapa akan lebih enak dan cepat kering apabila diparut secara manual dengan tangan sendiri daripada digiling menggunakan mesin pemarut kelapa.
Demikianlah dua resep pilihan kami hari ini, yaitu Resep Ayam Goreng Serundeng dan Serundeng Ayam yang enak dan gurih serta mudah dan praktis cara membuatnya. Semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi sobat dalam menambah wawasan dalam hal memasak. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment