Cara Membuat Resep Gurame Bakar Enak Special

Resep Gurame Bakar Enak dan Lezat - Ikan gurame adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar dan banyak dijadikan sebagai bahan olahan makanan. Ikan gurame atau ada juga yang menyebutnya gurami, entah apapun orang menyebutnya, yang jelas ikan ini punya ciri unggulan yang membedakannya dengan jenis ikan lainnya.

Ikan gurame mempunyai daging yang lebih tebal dibandingkan ikan sejenisnya dan juga rasanya yang gurih serta bisa dimasak dengan berbagai cara dan bumbu. Bahan ini bisa dimasak dengan cara digoreng, dibakar, diungkep, dibumbu pepes dan sebagainya. Cara mengolahnya cukup mudah dan juga banyak kreasi pilihan resep dan cara mengolahnya.

Ikan gurame juga sering dijadikan menu unggulan di kedai seafood, meskipun nama warungnya adalah warung makan seafood yang sebagian besar bahannya berasal dari laut seperti udang, cumi, kerang, ikan bandeng dan sebagainya, namun ikan gurame yang hidup di air tawar sampai dimasukkan ke dalam menu pilihan rumah makan seafood.

Biasanya kalau ada ikan gurame maka akan ada juga ikan bawal yang juga masih kerabat dekatnya, ikan gurame dan bawal sangat terkenal dan banyak diminati. kalau menjelang bulan puasa banyak sekali kedai atau pemancingan yang laris manis dan pasti menu utamanya yang paling banyak dipesan adalah ikan gurame, selain itu juga masih ada ikan lele.

kalau sobat berkunjung di daerah Tulung, Klaten, Jawa Tengah, disana ada sebuah perkampungan yang namanya perkampungan janti. Di desa janti ini hampir setiap penduduk membudidayakan ikan gurame dan banyak sekali rumah singgah atau disana namanya pemancingan khusus untuk menyantap masakan dari ikan lele atau gurame.

Disana kita bisa memilih menu yang akan dimasak dan disajikan, untuk berapa porsi dan dimasak dengan bumbu apa, apakah digoreng, dibakar atau asam manis dan sebagainya. Selain langsung pesan bisa juga dengan memancing ikannya sendiri, ikan hasil pancingan bisa dibeli per kilo atau dimasak disana sesuai permintaan.

Tempat untuk makannya pun sangat unik, yaitu terapung diatas air sehingga kita bisa menikmati air kolam disekeliling sambil memandang ikan-ikan cantik yang sedang berenang. selain itu tempat makan di daerah janti juga dilengkapi dengan kolam atau pemandian, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Tiket untuk masuk kesana sangatlah murah, biasanya hanya Rp.1000; s/d Rp 2.000;.

Apakah sobat penasaran menyantap masakan ikan gurame di daerah janti, tulung, klaten jawa tengah? Kalau memang sobat punya waktu atau mungkin dekat dari rumah sobat, bisa lah sobat meluangkan sedikit waktu untk berkunjung kesana. Kalau sobat tidak punya waktu atau masih malas pergi kesana, kami akan sedikit membantu sobat agar bisa menikmati lezatnya masakan ikan gurame ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan resep dengan bahan dasar ikan gurame yaitu Gurame bakar special yang enak, manis dan gurih. Masakan ini cukup populer dan banyak diminati bahkan orang asing yang singgah ke indonesia sering tidak melewatkan masakan yang satu ini. Gurame bakar diolah dengan cara dibakar sehingga kandungan lemak atau kolesterolnya tidak banyak.

Cara membuat dan bumbu untuk ikan gurame bakar ini tidaklah sulit, sobat langsung bisa mempraktekkan cara membuatnya di rumah tapi kalau bisa sediakan dulu bumbu dan bahannya. Lalu apa resep dan bagaimana cara memasaknya, langsung saja kita simak Resep Cara Membuat Gurame Bakar Enak Special ini.

Gurame Bakar

Bahan yang Diperlukan:
  • Ikan Gurame Segar ukuran besar, kurang lebih 400-500 kg - 1 ekor
  • Jeruk Nipis atau Lemon, ambil airnya - 2 buah
  • Daun Jeruk - 3 helai
  • Kecap Asin - 5 sdm
  • Kecap Manis - 3 sdm
  • Margarin - 3 sdm
  • Air - 100 ml
  • Serai, memarkan - 1 batang
  • Minyak, untuk menumis - 2 sdm
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bwang Merah - 6 butir
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Cabe Rawit Merah - 4 buah
  • Gula Pasir - 1/2 sdt
  • Kemiri - 7 butir
  • Kunyit - 2 cm
  • Garam dan Merica - Secukupnya
Cara Memasak Gurame Bakar:
  1. Bersihkan ikan gurame, buang sisik dan isi perutnya, buat 2-3 irisan disetiap sisi badannya. Lalu lumuri ikan gurame dengan jeruk nipis, biarkan selama kurang lebih 30 menit agar bau amisnya hilang.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga berbau harum.
  3. Beri kecap asin dan kecap manis, tuangkan air dan masak sampai bumbu matang dan agak mengental. Angkat.
  4. Belah perut ikan menjadi 2, jangan sampai putus. Lalu masukkan sebagian bumbu ke dalam perut ikan, sebagian bumbu lagi dicampur dengan margarin dan dioleskan ke permukaan tubuh ikan.
  5. Bakar ikan gurame diatas bara api atau bisa juga di oven. Kalau dibakar jangan lupa dibolak balik agar kedua sisi ikan matang sempurna. Bakar sampai matang berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Selama membakar ikan, jika bumbu masih tersisa bisa dioleskan beberapa kali di permukaan ikan agar bumbu lebih meresap lagi dan matang sempurna.
Demikianlah resep dan cara membuat gurame bakar enak dan special. Semoga rasa penasaran sobat akan cara membuat dan terutama citarasa dari masakan ini terobati dan semoga resep kali ini bisa menambah wawasan sobat dalam hal memasak ikan gurame dan bermanfaat bagi semuanya. Masakan ini sangat cocok disajikan dengan sambal (sambal terasi, sambal lalap) dan juga pelengkap seperti lalapan mentimun, kobis, tomat, daun kemangi dan juga rebusan daun pepaya. Sekian dulu tulisan singkat dari kami dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment