Resep Membuat Gulai Kikil Sapi Enak Khas Padang

Cara Memasak Gulai Kikil Sapi Enak Special Asli Padang - Gulai kikil sapi adalah masakan yang sudah cukup populer dan banyak diminati, khususnya masyarakat minang. Bahkan di rumah makan padang yang tersebar di seluruh pelosok nusantara selalu menyediakan masakan yang satu ini. Gulai dengan bahan dasar kikil sapi ini cukup khas dan mempunyai citarasa yang lezat dan sedap. Cocok sekali disajikan sebagai menu istimewa bagi keluarga atau tamu sobat dirumah.

Bahan utama untuk membuat masakan gulai kikil adalah kikil sapi. Kikil sapi adalah bagian daging sapi yang berada pada kaki sapi, bahan ini biasa digunakan untuk membuat berbagai macam masakan diantaranya adalah rica-rica sapi, sate kikil, sop kaki sapi dan yang sekarang akan kita bahas adalah gulai kikil sapi. Sebenarnya bahan kikil masih banyak lagi untuk dikreasikan menjadi berbagai aneka macam masakan namun beberapa diantara yang cukup terkenal yang sudah kami sebutkan tadi.

Ciri khas dari daging kikil ini adalah rasanya yang kenyal dan juga gurih karena daging kikil terdiri dari tulang rawan di daerah kaki sapi, inilah yang membuat kikil sapi banyak dicari dan diminati. Selain rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal, kikil sapi ternyata mempunyai beberapa manfaat, diantaranya mempertahankan elastisitas kulit karena kikil sapi mengandung kolagen yang berguna untuk membentuk struktur jaringan, manfaat kedua adalah menghitamkan rambut dan yang ketiga adalah membantu pertumbuhan sel dalam tubuh.

Selain kandungan yang dimiliki oleh kikil sapi dan berguna bagi kesehatan dan perkembangan tubuh kita, kikil sapi ternyata juga mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, tidak seperti daging sapi murni yang berwarna merah yang memang sedikit sekali kandungan lemak dan kolesterolnya. Saran kami, bagi yang tidak ingin tubuh cepat gemuk maka jangan berlebihan menyantap daging kikil sapi ini. Satu hal lagi yang sangat penting bagi sobat sekalian ketahui yaitu dalam memilih dan membeli daging kikil ini harus cermat dan jeli karena sekarang banyak oknum dan pedagang yang tidak bertanggungjawab mensabotase daging kikil ini.

Dalam pemilihan bahan kikil sobat harus lebih hati-hati karena sekarang banyak beredar daging kikil berformalin. Untuk itu sobat harus bisa membedakan mana kikil yang asli dan mana yang KW atau berformalin. Beberapa perbedaan antara kikil asli dan palsu diantaranya adalah kikil asli mempunyai warna putih susu namun tidak berlebihan dan bersih, kikil palsu mempunyai warna putih yang berlebihan bahkan kecoklatan, kedua dari tekstur kikil asli mempunyai tektur yang kenyal dan kikil palsu keras dan tidak lentur.

Saran kami belilah kikil di supermarket yang sudah dijamin kualitas dan keasliannya, meskipun harganya agak mahal sedikit tidak jadi soal yang penting asli dan sehat. Itulah sedikit penjelasan tentang kikil sapi yang akan kita buat sebagai bahan masakah hari ini. Cara membuat gulai kikil sapi tidaklah terlalu sulit apabila sobat teliti dalam mengikuti petunjuk resep yang akan kami tuliskan. Langsung saja kita menuju ke TKP untuk mempraktekkan resep cara membuat gulai kikil sapi lezat khas padang ini.

Gulai Kikil Sapi


Bahan yang Diperlukan:
  • Kikil Sapi Segar - 1 kg
  • Santan Kental - 1/2 liter
  • Daun Jeruk Purut - 2 helai
  • Asam Kandis - 3 buah
  • Daun Salam - 1 helai
  • Serai, memarkan/geprek - 2 batang
  • Gula Pasir - 1 sdt
  • Air Bersih - 1 liter
  • Garam dan Penyedap Rasa - Secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 6 butir
  • Bawang Putih - 4 siung
  • Cabe Merah Besar - 6 buah
  • Kemiri, sangrai - 4 butir
  • Lengkuas - 3 cm
  • Kunyit, bakar - 6 cm
Cara Membuat Gulai Kikil Sapi:
  1. Langkah pertama adalah cuci bersih kikil sapi dengan air mengalir, bisa dipotong-potong terlebih dahulu sesuai selera apabila masih ada ukuran daging kikil yang terlalu besar.
  2. Siapkan air bersih dalam panci, masak atau rebus daging kikil sampai mendidih dan kemudian angkat, tiriskan.
  3. Siapkan panci kedua untuk merebus bumbu halus dengan air secukupnya, masukan juga daun salam, serai, daun jeruk purut dan asam kandis. Rebus dan aduk hingga merata dan berbau harum.
  4. Masukkan santan dan juga daging kikil yang sudah direbus tadi, masukkan bumbu tambahan seperti gula, garam dan penyedap rasa secukupnya. Masak diatas api sedang sampai mendidih dan sesekali cicipi, kalau kurang gula atau garam bisa ditambahkan.
  5. Masak dan aduk terus agar santan tidak pecah dan sampai santan agak mengental serta daging kikil terasa agak empuk dan matang selama kurang lebih 3 jam. Angkat, tiriskan dan sajikan dengan taburan bawang goreng atau irisan cabai diatasnya.
Tips: Sekali lagi tips memilih kikil ini sangat penting, tambahan sedikit saja dalam memilih kikil jika sobat membelinya dipasar yaitu pilihlah kikil yang warnanya butek dan sedikit berbulu, dijamin itu adalah kikil asli.
Demikianlah sedikit tulisan mengenai resep gulai kikil sapi dari kami, semoga sedikit uraian ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan membantu sobat dalam memasak masakan gulai kikil ini serta menambah wawasan sobat dalam hal masak memasak. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment