Resep Membuat Sambal Lado Terasi Enak Pedas

Cara Membuat Sambal Lado Teras Asli Khas Padang - Kalau berbicara soal sambal, pasti para penyuka masakan pedas akan sangat tertarik, apalagi bagi yang sudah terbiasa makan pakai sambal, akan terasa hampa jika tidak ada sambal sebagai pendampingnya. Sambal adalah masakan yang paling banyak dimasak karea selain mudah dan praktis, sambal ini bisa menambah selera makan.

Sambal dibuat dari bahan utama berupa cabe, baik cabe hijau, cabe merah, cabe besar maupun cabe rawit dan ditambah dengan bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, garam, penyedap rasa dan juga bahan lain seperti ikan teri, petai, kacang dan sebagainya. Cabe mengandung capcaisin, zat pedas yang terkandung dalam cabe yang bisa meningkatkan selera makan, selain itu cabe juga banyak mengandung vitamin C yang cukup berguna bagi tubuh kita.

Selain manfaat diatas, sambal atau sambel masih punya beberapa manfaat lainnya apalagi ditambah dengan bahan lain seperti bawang merah, bawang putih dan sebagainya yang masing-masing mempunyai fungsi dan manfaat sendiri-sendiri. Namun meskipun banyak manfaatnya, sobat jangan terlalu banyak makan sambal ya, apalagi bagi yang kurang suka pedas, bisa-bisa perut nya nanti yang sakit.hehe

Sambal ada bermacam-macam sesuai dengan bahan dan cara membuatnya dan biasanya di setiap daerah punya sambal khas sendiri-sendiri. Diantara sambal yang sudah terkenal dan merakyat adalah sambal bawang, sambal korek, sambal terasi, sambal kacang dan masih banyak lagi. Sambal ini dipilih karena sangat mudah dan praktis cara membuatnya.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan memberikan resep sambal khas padang yang sudah cukup terkenal dan pasti ada dirumah makan padang. Sambal khas minang yang enak dan pedas ini adalah Sambal Lado Terasi. Masakan ini sangat populer dan bahkan sambal lado sendiri sudah dibuat lagu yang berjudul "sambal lado".hehe Cara membuatnya cukup mudah dan praktis, langsung saja sob simak resep dan cara membuatnya.

Sambal Lado Terasi

Bahan yang Diperlukan:
  • Cabe Merah Keriting - 1 ons
  • Cabe Merah Besar, buang isinya - 1/2 ons
  • Tomat Merah Besar - 3 buah
  • Jeruk Nipis - 2 buah
  • Bawang Merah - 6 butir
  • Minyak Goreng, garam dan Terasi - Secukupnya
Cara Membuat Sambal lado Terasi:
  1. Bakar atau goreng sebentar terasi, angkat, tiriskan. Kemudian goreng cabe merah keriting, cabe merah besar, tomat merah dan bawang merah sampai agak layu. Angkat, tiriskan.
  2. Giling atau haluskan (uleg) semua bahan yang sudah digoreng serta terasinya sampai halus, kemudian tambahkan sedikit garam dan juga perasan jeruk nipis. Sambalado Terasi sudah jadi dan siap disajikan.
Tips: Saat menggoreng cabe, agar cabe tidak meletup-letup tusuk-tusuk cabe dengan lidi atau bisa ditutup dengan tutup panci saat menggoreng cabe dan bahan lainnya.
Demikianlah resep dan cara mudah serta praktis membuat sambal lado terasi enak dan pedas. Jumlah cabe bisa disesuaikan dengan level pedasnya dan sesuai selera. Semoga resep kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan mulai sekarang diharapkan sobat bisa membuat sambal lado terasi yang enak sendiri di rumah. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment