Membuat Rendang Daun Singkong Enak Khas Padang

Cara Membuat Rendang Daun Singkong Pariaman - Masih seputaran masakan padang, kali ini kita akan membahas masakan rendang yang cukup terkenal di sumatera barat khususnya daerah padang dan pariangan. Rendang tak hanya dibuat dengan ikan, ayam, telur ataupun daging namun ternyata sayuran juga bisa dibuat bumbu rendang, contohnya adalah daun singkong.

Rendang daun singkong cukup mudah dan praktis cara membuatnya, sobat bisa langsung mencobanya di rumah dengan membaca resep dan cara membuat rendang daun singkong enak dan lezat yang akan kami bagikan. Bahan untuk membuat masakan ini cukup simpel dan mudah didapatkan, dipasar dan tukang sayur keliling biasa memjualnya bahkan di pekarangan rumah tak jarang daun singkong ini tumbuh, baik sengaja ditanam ataupun tumbuh liar dengan sendirinya.

Daun singkong teryata juga banyak disukai oleh ibu-ibu rumah tangga karena alasan diatas, selain murah dan mudah didapat daun singkong ini ternyata punya kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita, salah satu diantaranya kandungan yang paling banyak adalah zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Daun singkong juga bisa dibuat menjadi berbagai macam kreasi masakan.

Selain rendang daun singkong, bahan makanan  ini juga bisa dibuat menjadi gulai daun singkong, tumis daun singkong bahkan bisa digoreng dan dijadikan camilan seperti keripik. Di tanah minang, bahan sederhana ini bisa diolah menjadi masakan yang enak dan lezat, salah satunya yang akan kita bahas hari ini yaitu rendang daun singkong. Seperti apa resep dan cara membuatnya, langsung saja kita simak.

Rendang Daun Singkong

Bahan yang Diperlukan:
  • Daun Singkong Muda - 2 ikat
  • Kacang Merah - 1,5 ons
  • Santan Kental - 1 butir kelapa atau 1 gelas
Bumbu yang Diperlukan:
  • Terasi Udang - 1 sdm atau 2 potong kecil kalau dalam kemasan
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Cabe Merah Segar - 10 buah
  • Kemiri - 6 butir
  • Kunyit atau Kunir - 1 ruas jari
  • Legkuas atau laos, memarkan - 1 ruas jari
  • Ketumbar - 1 sdt
  • Daun Salam - 2 helai
  • Garam - Secukupnya
Cara Membuat Rendang Daun Singkong:
  1. Rebus daun singkong dan kacang merah hingga empuk atau lunak. Angkat, tiriskan.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam dan juga lengkuas.
  3. Masukkan bahan atau daun singkong dan kacang merah ke dalam panci lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi serta tambahkan santan kental, daun salam dan lengkuas.
  4. Masak sambil diaduk-aduk sampai matang dan kuah santannya agak mengental. Angkat, tiriskan, sajikan.
Tips: Daun singkong yang digunakan adalah daun singkong muda dari jenis singkong cemani atau singkong lokal, jangan memakai jenis singkong karet karena bisa beracun.
Nah, mudah dan praktis bukan cara membuat rendang daun singkong khas padang yang enak dan lezat? Sobat bisa membuatnya sendiri di rumah dan menyajikkannya untuk makan siang atau makan malam keluarga. Sekian dan semoga artikel resep cara memasak rendang daun singkong ini bermanfaat bagi sobat sekalian. Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment