Resep Membuat Kalio Jengkol Khas Padang Enak Pedas

Cara Memasak Kalio Jengkol Khas Minang - Sebelum kita lanjut ke pembahasan tentang Resep cara memasak kalio jengkol, kita akan membahas sebentar soal jengkol. Jengkol adalah bahan makanan yang cukup digemari di indonesia. Bau dari jengkol ini memang bisa menggugah selera dan menambah nafsu makan, tak heran banyak orang yang menyukai makanan yang baunya khas ini. Meskipun beberapa orang atau bahkan sobat sendiri tidak menyukai jengkol karena aromanya, namun sobat harus tau apa manfaat dan kandungan jengkol sebenarnya.

Jengkol adalah tanaman asal asia tenggara yang banyak disukai dan dibuat beraneka macam masakan khususnya di indonesia, malausia, thailand dan wilayah asia tenggara lainnya. Dibalik tektur dan baunya yang khas, ternyata jengkol punya kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin C yang bisa mempertahankan daya tahan tubuh serta menghaluskan kulit, zat besi yang bisa mencegah anemia, kalsium untuk pembentukan dan kesehatan tulang dan gigi dan masih banyak manfaat lainnya yang dikandung oleh makanan ini.

Sedikit hal yang juga harus sobat ingat, meskipun jengkol mengandung banyak zat gizi dan kegunaan, jengkol juga ada efek samping jika dimakan terlalu banyak seperti yang sering dikenal dengan jengkolan. Jengkolan adalah tidak bisa buang air kecil karena terlalu banyak makan jengkol, hal ini dikarenakan jengkol mengandung zat yang bernama jengkolat. Selain efek jengkolan, jengkol juga ada efek lainnya yaitu bau yang menusuk saat buang air kecil. Jadi sebaiknya kalau makan jengkol jangan terlalu banyak.

Jika disurvey memang banyak sekali penikmat jengkol yang bahkan masakan jengkol ini dijadikan makanan sehari-hari. Ada juga yang suka jengkol dan sering mencari berbagai kreasi masakan dengan bahan jengkol. Salah satu masakan jengkol yang paling terkenal adalah semur jengkol dari betawi. Nah, disini kita akan membahas masakan yang berbahan dasar jengkol dan tak kalah dengan semur jengkol, yaitu Kalio Jengkol Khas Padang yang tentunya lezat dan nikmat serta bisa memanjakan lidah sobat khususnya pecinta jengkol.

Kalio jengkol adalah semacam masakan dari jengkol yang diberi bumbu hampir mirip dengan rendang atau juga mirip gulai. Sebelumnya, kami juga pernah menyajikan Resep kalio yaitu Resep Cara Membuat Kalio Buntut Sapi Enak. Pada Masakan kalio jengkol ini, selain jengkol, kalio ini juga bisa dicampur dengan daging sapi, udang, ikan teri dan sebagainya sehingga rasanya akan semakin mantap. Orang padang sering menyebut masakan kalio jengkol ini dengan nama Jariang. Lalu bagaimana cara memasaknya dan apa resepnya. Untuk lebih detail dan jelasnya mending langsung saja kita simak caranya di bawah ini.

Kalio Jengkol

Bahan yang Diperlukan:
  • Jengkol yang sudah Tua - 1 kg
  • Santan Kelapa - 4 butir kelapa
  • Ikan Teri - 1/2 ons
 Bumbu yang Diperlukan:
  • Cabe Merah - 1 ons
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Jahe, Kunyit dan Lengkuas - @1 ruas
  • Serai - 2 batang
  • Daun Kunyit - 2 helai
  • Garam - Secukupnya
Cara Membuat Kalio Jengkol:
  1. Rebus jengkol sampai empuk, kemudian potong-potong jengkol sesuai selera atau bisa belah 2 saja.
  2. Haluskan semua bumbu seperti cabe merah, bawang putih dan garam.
  3. Siapkan panci, masukkan santan kelapa dan bumbu yang dihaluskan tadi serta tambahkan bahan lainnya seperti serai, daun kunyit, jahe, lengkuas dan kunyit yang masing-masing sudah dimemarkan. Kemudian masak sampai matang dan terus diaduk agar bumbu merata dan santan tidak pecah.
  4. Setelah beberapa saat kemudian masukkan jengkolnya dan masak lagi sampai mendidih dan matang serta kuah agak mengental. Angkat, tiriskan, sajikan.
Tips: Untuk Menghilangkan rasa getir pada jengkol, sebelum direbus sebaiknya rendam jengkol yang telah dibersihkan ke dalam air kelapa beberapa menit.
Demikianlah resep, tips dan cara memasak kalio jengkol khas padang yang enak, lezat dan gurih. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat dalam hal memasak. Kalio jengkol ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat. Sobat bisa membuatnya dan dapat disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam untuk keluarga. Cara memasaknya cukup simple dan praktis serta bahan juga murah dan mudah didapat. Sekian resep dan tips dari kami, jangan lupa nantikan resep dan tips masakan kami yang lainnya. Sekian dan Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment