Resep Tenggiri Asam Pedas Enak Khas Padang

Cara Membuat Asam Pedas Tenggiri Special dan Lezat - Masakan Ikan tenggiri asam pedas adalah masakan yang terbuat dengan bahan dasar ikan tenggiri dan diberi bumbu rempah serta didominasi oleh rasa pedas dan juga asam. Perpaduan rasa tersebut akan menciptakan citarasa yang khas dan unik yang sangat disukai oleh para kuliner indonesia. Ikan tenggiri sendiri adalah ikan yang sering diolah menjadi beraneka macam masakan lezat.

Ikan tenggiri masih kerabat dekat dengan ikan tuna, tongkol dan ikan kembung. Tak heran kalau ikan ini juga memiliki kandungan gizi yang tidak terdapat di jenis ikan lainnya. Ikan tenggiri adalah termasuk ikan yang sangat banyak kandungan gizinya seperti vitamin dan mineral serta zat besi, fosfor, kalsium dan sebagainya yang berperan penting bagi kesehatan dan perkembangan tubuh kita. Karena mengandung banyak zat gizi maka ikan tenggiri banyak dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis masakan, makanan dan juga camilan sehat.

Beberapa manfaat yang akan kita peroleh apabila kita rutin mengkonsumsi ikan tenggiri adalah terhindar dari gangguan saluran kencing, meningkatkan fungsi otak, mengurangi resiko kanker, menurunkan depresi, menyembuhkan penyakit kulit, sangat baik untuk asupan gizi ibu hamil dan masih banyak lagi. Nah, dengan mengetahui segudang manfaat dari ikan tenggiri ini, mari kita biasakan menyantap masakan yang terbuat dari ikan tenggiri.

Biasanya kita sering menjumpai olahan makanan dari bahan tenggiri ini dalam berbagai bentuk dan versi, diantaranya yang sering kita jumpai adalah kerupuk tenggiri, siomay tenggiri dan sebagainya yang memang sudah sangat terkenal dan khas. Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan resep dan olahan lain dari ikan ini, yaitu Tenggiri asam manis yang enak dan lezat. Masakan ini berasal dari padang, sumatera barat dan sudah populer di kalangan masyarakat indonesia. Jika sobat ingin segera mencicipi kelezatan dari masakan ini bisa langsung membuatnya. Simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Tenggiri Asam Pedas

Bahan yang Diperlukan:
  • Ikan Tenggiri Segar - 1/2 kg
  • Air Perasan Jeruk Nipis - 2 buah
  • Jahe, cincang halus - 2 cm
  • Garam - Secukupnya
Bumbu yang Diperlukan:
  • Bawang Merah, cincang halus - 2 butir
  • Bawang Putih, cincang halus - 4 siung
  • Tomat, buang bijinya, cincang halus - 1 buah
  • Saus Sambal dan Saus Tomat - @2 sdm
  • Serai, memarkan - 1 batang
  • Merica Bubuk - 1/4 sdm
  • Jehe, cincang halus - 3 cm
  • Daun Jeruk Purut - 2 helai
  • Garam - 1/4 sdt
  • Air Bersih - 100 ml
Cara Membuat Tenggiri Asam Pedas:
  1. Bersihkan ikan tenggiri, potong sesuai selera dan kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis, garam dan jahe cincang agar bau amisnya hilang. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu angkat, tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng ikan tenggiri yang sudah didiamkan tadi sampai matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu yang sudah dituliskan diatas kecuali garam, air bersih dan merica bubuk. Tumis sampai harum baunya.
  4. Langkah selanjutnya, tambahkan air bersih dan masak hingga air mendidih, kemudian masukkan ikan tenggiri yang sudah digoreng tadi baru tambahkan merica bubuk dan garam. Cicipi, jika masih kurang garam maka bisa ditambahkan. Masak hingga kuah agak mengental, matang dan bumbu meresap. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Pilih ikan tenggiri yang masih segar ya biar makin lezat dan gurih. Untuk porsi bisa disesuaikan dengan bumbunya dan level pedasnya juga bisa diatur dengan mengurangi atau menambah jumlah saus sambal.
Demikianlah resep dan cara membuat tenggiri asam pedas yang enak dan lezat. Semoga sajian resep kali ini bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian dan bisa menambah khasanah ilmu dalam bidang memasak. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment