Resep Membuat Empal Daging Sapi Enak Gurih dan Empuk

Cara Membuat Empal Daging Sapi Goreng Special Ala Jawa - Empal adalah masakan yang terbuat dari potongan daging sapi yang direbus dahulu bersama bumbu rempah pilihan dan kemudian baru digoreng. Empal agak mirip dengan masakan Dendeng namun bedanya kalau dendeng masih diolah dengan bahan campuran seperti balado, ragi atau serundeng dan sebagainya, kalau empal langsung dimasak dengan bumbu agar meresap baru digoreng.

Empal merupakan masakan khas Sunda, Jawa Barat, masakan ini sudah sangat terkenal sampai ke pelosok nusantara, banyak sekali rumah makan yang menyediakan masakan empal ini. Keistimewaan dari masakan empal ini adalah perpaduan rasa dan teksturnya, citarasa yang manis, enak dan gurih dan punya tekstur yang empuk berwarna coklat kehitaman membuat masakan ini sangat istimewa. Dari tampilannya saja kalau kita melihat masakan ini, pasti kita langsung ingin mencobanya.

Masakan empal dibuat dengan daging sapi, kalau bisa pilih yang masih muda, berserat banyak dan juga tanpa lemak, bisa dipilih daging sapi bagian dalam maupun bagian luar. Salah satu ciri khas daging empal adalah mengandung cukup banyak serat karena memang menggunakan daging sapi murni tanpa tercampur bagian lain seperti gajih, tulang, kulit dan sebagainya, inilah yang menjadikan daging empal menarik perhatian dan menggoda selera tentunya. Masakan ini cocok sekali disajikan dengan nasi putih hangat dan juga bahan pelengkap seperti bawang goreng, sambal dan sebagainya.

Masakan empal biasanya banyak disajikan disaat lebaran, selain masakan gulai, balado dan lainnya, empal juga sangat diminati dan dijadikan makanan favorit baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu daging empal ini juga rendah lemak dan kolesterol sehingga aman disantap oleh siapa saja terutama bagi yang takut gemuk. Cara membuat masakan ini cukup mudah dan simpel, sobat bisa membuatnya sendiri dirumah dengan resep dan bahan yang akan kami tuliskan di bawah ini. Langsung saja yuk kita simak dan praktekkan cara membuat empal daging sapi special yang enak dan gurih ini.

Empal Daging Sapi

Bahan yang Diperlukan:
  • Daging Sapi Segar tanpa Lemak - 1/2 kg
  • Santan Kelapa - 1 liter
  • Asam Jawa - 1/2 sdt
  • Daun Salam - 3 lembar
  • Air - 50 ml
  • Minyak Goreng - Secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 10 butir
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Ketumbar - 2 sdt
  • Lengkuas - 2 cm
  • Garam dan Gula Merah - @1/2 sdt
  • Serai - 1 batang
Cara Membuat Empal Daging Sapi:
  1. Rebus daging sapi sampai empuk, angkat, tisriskan. Setelah itu pukuli daging sapi sampai memar dan gepeng atau pipih.
  2. Rebus santan kelapa kemudian masukkan bumbu halus, asam jawa dan daun salam. Aduk terus agar santan tidak pecah.
  3. Masukkan daging sapi yang sudah dipipihkan tadi, masak hingga kuah santan mengental dan kering. Angkat daging sapi, tiriskan.
  4. Panaskan minyak goreng, goreng empal sampai matang berwarna coklat kehitaman. Angkat, tiriskan, sajikan.
Tips: Sebaiknya dalam menggoreng daging empal tidak usah terlalu lama agar vitamin dan kandungan zat gizi lain terjaga dan daging tetap empuk dan gurih. Untuk menambah tampilan agar lebih menarik bisa ditambahkan sayuran seperti sawi, tomat, paprika, cabe, daun slederi, selada dan taburan bawang goreng.
Demikianlah resep dan cara membuat empal daging sapi istimewa ala jawa. Meskipun sebenarnya makanan tersebut berasal dari sunda namun di jawa juga sudah sangat terkenal, makanya disebut juga empal ala jawa. Sekian sedikit tulisan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam hal masak memasak. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment