Resep Membuat Krengsengan Enak Khas Jawa Timur

Cara Memasak Krengsengan Daging Sapi Enak dan Empuk - Krengsengan adalah masakan yang terbuat dari daging sapi dan diberi bumbu rempah pilihan sehingga rasa masakan ini sangat menggoda selera. Masakan ini berasal dari daerah jawa timur dan sudah menjadi masakan khas tradisional jawa timur. Secara tampilan, masakan ini agak mirip dengan semur daging, namun bedanya kecap manis yang digunakan dalam masakan ini lebih sedikit.

Selain menggunakan daging sapi, masakan krengsengan ini juga bisa diolah dengan bahan daging kambing atau daging ayam. Jika sobat tidak mau membeli daging sapi karena harganya yang melambung tinggi, sobat bisa menggunakan alternatif daging ayam, bisa bagian ceker, sayap, ati ampela dan sebagainya sesuai selera. Masakan ini tak kalah lezat dengan masakan khas jawa timur lainnya seperti sate, rendang, empal dan sebagainya.

Selain rasa daging sapi yang empuk dan gurih, masakan ini juga banyak mengandung zat gizi seperti protein tinggi, zat besi, vitamin dan fosfor yang sangat baik untuk mensuplai gizi pada tubuh kita, khususnya buat pertumbuhan anak. Masakan ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat untuk menu special makan siang ataupun makan malam.

Cara membuat krengsengan daging sapi ini cukup mudah sehingga kami merekomendasikan resep masakan ini sebagai menu istimewa yang praktis. Untuk bumbunya, masakan ini menggunakan rempah pilihan dan diberi juga sedikit cabe agar rasanya lebih pedas, sobat juga bisa menambahkan cabenya sesuai selera apabila ingin rasanya menjadi super pedas. Langsung saja kita menuju ke TKP untuk melihat resep dan cara membuat krengsengan daging sapi khas jawa timur ini.

Krengsengan

Bahan yang Diperlukan:
  • Daging Sapi Segar, potong dadu - 0,5 kg
  • Tomat Merah Segar, potong menjadi 8 bagian - 2 buah
  • Air Bersih - 300 ml
  • Margarin/mentega/minyak goreng, untuk menumis - Secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 9 butir
  • Bawang Putih - 4 siung
  • Cabe Rawit Merah- 3 buah
  • Cabe Merah Keriting - 4 buah
  • Kemiri, sangrai - 4 butir
Bumbu Pelengkap:
  • Petis Udang dan Kecap Manis - @2 sdm
  • Cabe Merah Besar, iris tipis serong - 4 buah
  • Gula Pasir, Lada Putih Bubuk dan Garam - Secukupnya
Cara Membuat Krengsengan:
  1. Panaskan margarin atau minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum baunya. Kemudian masukkan tomat dan cabe merah besar, tumis sampai layu.
  2. Masukkan daging sapi lalu diamkan selama 15 menit agar bumbunya meresap.
  3. Masukkan semua bumbu pelengkap kemudian tumis dengan api kecil sampai tercampur rata antara bahan dan bumbunya.
  4. Tuangkan air bersih, masak hingga mendidih, matang, meresap dan kuah mengental dan tersisa sedikit. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Daging sapi tidak perlu dicuci karena akan berbau amis karena bakteri yang mengkontaminasi daging yang terkena air atau kalau mau dicuci kemudian campur dengan air jeruk nipis kalau ingin dagingnya tidak amis.
Demikianlah resep dan caara membuat krengsengan daging sapi enak, empuk dan gurih. Sobat bisa membuatnya sendiri di rumah dan sajikan untuk keluarga trcinta. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat dalam hal masak memasak. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment