Resep Cara Membuat Trancam Khas Jawa

Cara Membuat Trancam Khas Jawa Timur Enak dan Segar - Trancam adalah makanan yang terbuat dari irisan berbagai sayuran mentah dan diberi bumbu sambal kelapa parut yang manis dan sedikit pedas. Perpaduan bahan sayur dan bumbu yang dicampur menjadi satu menghasilkan citarasa yang unik, enak, segar dan pedas. Kalau dilihat dari bahan penyusunnya trancam merupakan makanan yang sehat karena terdiri dari berbagai sayuran yang tentunya memiliki kandungan gizi tersendiri, apalagi disajikan dalam keadaan mentah seperti lalapan jadi vitamnin dan gizinya masih utuh.

Konon trancam ini berasal dari daerah jawa timur, namun kami sering menemukan makanan ini di jawa tengah dan juga daerah jogja, paling banyak di jawa tengah. Makanan ini sering dijadikan sajian untuk sarapan disaat ada hajatan, dijadikan makanan saat kenduri dan selamatan bahkan di daerah jawa yang masih kental dengan adat dan budayanya sering dijadikan sebagai sesajen atau tebas bumi disaat panen padi. Konon katanya makanan ini sangat disukai oleh dewi sri yaitu dewi kesuburan atau dewi padi, dan anehnya ketika dimakan di sawah rasanya menjadi sangat lezat berlipat-lipat daripada dimakan dirumah.

Masakan trancam ini terdiri dari bermacam sayuran seperti kacang panjang, kobis, daun kenikir, daun kemangi, tauge, petai cina dan sering juga ditambah dengan irisan ati ampela atau daging ayam suwir. Untuk bumbunya terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan gula, cabe dan penyedap lainnya sehingga ketika bahan dan bumbunya dicampur akan menghasilkan makanan yang segar, nikmat dan bergizi. Untuk semua bahan biasanya diiris kecil-kecil agar semua bahan dan bumbu bisa tercampur rata. Makanan ini seperti layaknya lalapan yang dimakan dalam keadaan mentah, hanya berbeda pada bumbunya saja.

Bagi sobat yang tinggal di jawa pasti sering menikmati makanan ini atau bahkan sering membuatnya. Tapi bagi sobat yang berdomisili di luar jawa mungkin ada yang belum pernah mencicipi segarnya trancam ini bisa mencicipi makanan ini nanti apabila singgah ke daerah jawa, namun kalau malas dan jauh untuk pergi ke jawa, sobat bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya sangatlah mudah, bahkan kami yakin untuk pemula sekalipun pasti bisa membuatnya. Disini akan kami tuliskan resep dan cara membuat trancam segar ala jawa. Langsung saja simak tulisannya di bawah ini sob.

Trancam

Bahan yang Diperlukan:
  • Mentimun Segar, buang isinya lalu potong kotak-kotak - 3 buah
  • Kacang Panjang, iris tipis - 10 lonjor
  • Daun Kemangi, ambil daunnya saja - 1 genggam
  • Kol/Kobis, iris halus - 1 buah
  • Petai Cina - 30 gr
  • Kecambah/taoge mentah - 1 ons
  • Kelapa Parut, kukus - 100 gr
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Cabe Rawit Merah - 4 buah
  • Cabe Merah Besar - 1 buah
  • Daun Jeruk - 3 helai
  • Terasi - 1 sdt
  • Kencur - 2 cm
  • Gula Merah - 2 sdt
  • Garam - 1,5 sdt
Cara Membuat Trancam:
  1. Untuk Bumbunya: campurkan kelapa parut yang sudah dikukus dengan bumbu halus, aduk hingga benar-benar rata.
  2. Campurkan semua bahan sayuran lalu aduk secara merata. Trancam enak dan segar siap untuk disajikan.
Tips: Kalau pengen lebih lengkap lagi, kasih bahan pelengkap berupa irisan ati ampela atau suwiran ayam yang sudah digoreng.
Cukup praktis dan mudah kan cara membuat trancam ala jawa yang enak dan segar ini? makanan ini sangat cocok disajikan untuk sarapan bersama nasi putih hangat. Bahan lauk pendukung yang sangat cocok dengan trancam ini adalah tempe atau tahu goreng. Hmm, rasanya sungguh segar dan nikmat, selain itu juga menyehatkan. Semoga resep kali ini bermanfaat bagi sobat pembaca dan bisa menambah wawasan dalam bidang memasak. sekian dan selamat mencoba resepnya.

No comments:

Post a Comment