Resep Cara Membuat Ikan Mas Bumbu Rujak Special Enak

Cara Memasak Ikan Mas Bumbu Rujak Lezat - Ikan mas adalah ikan air tawar yangs sering dibudidayakan dan dijadikan sebagai bahan olahan yang cukup lezat. Berbagai jenis ikan air tawar lainnya selain ikan mas yang sering digunakan untuk berbagai jenis masakan adalah ikan gurame, ikan bawal, ikan kakap dan ikan lele. Seperti jenis ikan air tawar lainnya, Ikan mas juga bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan baik digoreng, dipepes, dibakar maupun dimasak bumbu santan.

Ikan mas sering dipilih sebagai bahan masakan karena selain mudah diolah, juga ikan ini mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya adalah protein, mineral, fosfor, zat besi dan sebagainya. Masakan ikan mas banyak dijumpai di berbagai kedai makan seperti warung seafood, warung apung atau pemancingan bahkan di berbagai restoran juga menyediakannya. Tak heran harga per kilo gram ikan mas ini semakin hari semakin naik karena memang jumlah permintaan akan ikan ini selalu meningkat.

Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan resep dan cara memasak ikan mas bumbu rujak yang cukup populer dan diminati. Masakan ini dibuat dengan bahan dasar ikan mas segar dan diberi bermacam bumbu rujak dan dimasak dengan dikukus sehingga menghasilkan citarasa yang enak dan lezat. Citarasa bumbu rujak yang asam, manis dan gurih ini menambah kelezatan daging ikan mas, sobat pasti tidak akan bisa berhenti menikmatinya karena masakan ini memang sangat sedap dan istimewa.

Sebelum memasak masakan ikan mas bumbu rujak ini, perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan ikan mas, yaitu pilihlah ikan mas yang masih segar dan berkualitas. Cara memilih ikan mas dipasar memang harus jeli dan teliti, sedkit tipsnya adalah lihat mata ikan, mata ikan yang bagus adalah bening, menonjol dan cembung, kedua adalah insang harus berwarna merah cerah, selanjutnya adalah perhatikan sisik, sirip dan kulit ikan, jika masih kuat dan cerah berarti ikan tersebut baik.

Setelah kita tau cara memilih bahan ikan mas yang segar dan baik kualitasnya, sekarang kita bisa langsung praktek memasak ikan mas bumbu rujak. Cara memasak ikan mas bumbu rujak tidaklah terlalu sulit, yang terpenting sobat siapkan dulu semua bahan dan bumbunya. Kami akan memandu cara memasaknya dan juga cara membersihkan ikan mas serta membuat ikan mas tidak terlalu amis. Langsung saja kita simak resep dan caranya dibawah ini.

Ikan Mas Bumbu Rujak

Bahan yang Diperlukan:
  • Ikan Mas Segar Ukuran Sedang - 3 ekor
  • Serai, iris tipis - 1 batang
  • Lengkuas, iris tipis - 2 cm
  • Air Perasan Jeruk Nipis - 1 buah
  • Santan Kental - 300 ml
  • Daun Kemangi - Secukupnya
  • Belimbing Wuluh - 4 buah
  • Tomat Merah Segar, potong-potong - 3 buah
  • Gula Pasir - Secukupnya
 Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 5 siung
  • Bawang Putih - 10 butir
  • Kemiri - 5 butir
  • Kunyit - 1 cm
  • Kencur - 1 cm
  • Cabe Merah Keriting - 3 buah
  • Garam - 1 sdt
Cara Membuat Ikan Mas Bumbu Rujak:
  1. Bersihkan ikan mas, buang isi perutnya, iris kedua sisi badannya agar bumbu bisa cepat meresap, cuci bersih ikan mas. Lumuri dengan air jeruk nipias agar bau amisnya hilang dan diamkan sejenak kurang lebih 15 menit.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum baunya, kemudian masukkan serai, lengkuas dan potongan tomat ke dalamnya, aduk hingga layu dan merata.
  3. Masukkan santan kental dan bahan lainnya yang belum dimasukkan seperti belimbing wuluh, daun kemangi, gula pasir dan sebagainya, aduk hingga merata dan santan mengental.
  4. Masukkan ikan mas ke dalam kuah bumbu lalu aduk hingga merata, masak sampai mendidih dan diamkan sejenak kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap sempurna. Angkat ikan mas, tiriskan sebentar.
  5. Masukkan ikan mas yang sudah ditiriskan tadi ke dalam kukusan, kukus ikan mas selama 45 menit sampai matang dan empuk. Angkat, tiriskan dan sajikan dengan disiram sisa kuah rebusan ikan mas tadi.
Tips: Kreasi lainnya yaitu kuah bumbu rujak nya bisa ditambahkan bawang putih dan cabe merah atau hijau besar yang diiris tipis.
Demikianlah resep dan cara membuat masakan special ikan mas bumbu rujak yang enak dan lezat. Sobat bisa membuatnya senduri di rumah dan menyajikannya sebagai menu istimewa untuk keluarga tercinta. Cocok sekali disajikan dan dinikmati dengan nasi putih hangat. Semoga resep kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi sobat dalam hal masak memasak. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment