Resep Membuat Dendeng Udang Enak Special

Cara Memasak Dendeng Udang Gurih dan Lezat - Halo sobat? kita akan kembali membahas menu makanan dengan bahan udang. Pada postingan terdahulu kami sudah menuliskan beberapa resep udang dinataranya adalah Udang Balado, Membuat Colon Udang dan juga Udang Goreng Tepung. Pada kesempatan kali ini kita masih menggunakan udang sebagai bahan dasarnya, namun masakan kali ini tak kalah lezat dan praktis, yaitu Dendeng Udang.

Apakah sobat pernah mencicipi dendeng udang? atau bahkan sobat belum pernah mendengar atau melihat masakan ini? Masakan ini cukup istimewa karena udang yang segar dan bergizi tinggi dibuat masakan dendeng seperti layaknya daging sapi atau ikan. Udang sendiri adalah bahan makanan yang paling banyak dicari dan disukai, namun ada juga yang malah alergi terhadap udang. Bagi sobat yang suka udang, masakan ini sangat cocok dibuat untuk menu istimewa hari ini.

Cara membuat dendeng udang tidak terlalu sulit, bahan dan bumbunya juga simpel, setelah sobat menyiapkan semua bahan dan bumbunya, sobat bisa langsung tancap dan praktek membuat dendeng udang enak dan gurih ini. Soal citarasa dan teksturnya, masakan ini tak kalah lezat dengan masakan restoran bintang 5 hehe. Bumbu dendengnya yang meresap sempurna menciptakan citarasa yang manis, gurih serta pedas rempah yang khas. Secara tampilan juga cukup menggoda sehingga sobat ingin segera mencicipinya. Langsung simak saja sob resep dan caranya di bawah ini.

Dendeng Udang

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan:
  • Udang Segar Ukuran Sedang - 1 kg
  • Bawang Putih - 5 siung
  • Ketumbar - 1 sdt
  • Air Asam jawa - Secukupnya
  • Gula dan Garam - Secukupnya
Cara Membuat Dendeng Udang:
  1. Bersihkan udang, kupas kulit dan cangkangnya, buang isi perutnya dan belah punggungnya namun jangan sampai putus. Tips Mengupas Kulit udang ada disini.
  2. Haluskan semua bumbu kemudian campur dengan sedikit air.
  3. Rendam Udang ke dalam air bumbu kurang lebih 1 jam, kemudian angkat, tiriskan dan keringkan udang di bawah sinar matahari selama 1 hari sampai kering. kemudian baru digoreng sampai matang kecoklatan. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips:  Pilih Udang yang segar agar tidak mudah remuk, kalau tidak ada udang yang besar bisa menggunakan udang kecil namun tidak perlu dihilangkan cangkang dan kepalanya.
Demikianlah resep cara membuat dendeng udang special yang enak dan gurih. Semoga resep kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan bisa menambah pengetahuan dalam hal memasak, khususnya membuat dendeng udang. Masakan  dendeng udang sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment