Resep Membuat Pepes Ayam Kemangi Enak

Cara Memasak Pepes Ayam kemangi Lezat Khas Sunda - Pepes adalah salah satu jenis masakan yang dimasak dengan bahan tertentu seperti ikan, jamur, ayam dan sebagainya dan diberi bumbu rempah kemudian dibungkus dengan daun pisang dan terakhir dikukus. Masakan ini sudah sangat terkenal di seluruh pelosok nusantara, dijawa, dan di luar jawa pun juga banyak yang memasak masakan pepes ini, tentunya dengan bahan dan cara pengolahan yang khas sesuai daerah masing-masing.

Pepes yang akan kita bahas kali ini adalah pepes ayam kemangi yang merupakan masakan pepes khas sunda. Masakan ini dibuat dengan bahan dasar ayam, bisa ayam kampung atau ayam potong tetapi lebih baik ayam kampung dan diberi bumbu rempah pilihan asli sunda. Masakan ini sangat terkenal di daerah sunda atau bandung, Jawa Barat karena selain cocok digunakan sebagai lauk, masakan ini juga sering dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke bandung.

Dilihat dari tampilan, pepes ayam sunda ini mirip seperti pepes-pepes pada umumnya yang menggunakan bahan jamur, sayuran, ikan dan sebagainya karena dibungkus dengan daun pisang, cara mengolahnya pun juga sama yaitu dengan cara dikukus. Namun untuk citarsa dan aromanya, masakan ini sangat khas dan unik, rasanya yang enak, lezat dan gurih dan ditambah dengan aroma wangi dari daun kemangi akan meningkatkan selera makan sobat.

Bagi sobat yang berdomisili jauh dari kota bandung tak usah khawatir jika memang ingin mencicipi masakan pepes ayam ini karena mulai sekarang sobat bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat dan bahan untuk membuatnya mudah dan gampang ditemukan di pasar, sobat tinggal menyiapkan saja semua keperluannya agar prakteknya nanti lebih mudah dan cepat. Langsung saja kita menuju ke Resep dan cara membuat pepes ayam enak dan lezat khas sunda ini, sobat juga bisa mengkreasikan bahan dan pengolahannya sesuai selera.

Pepes Ayam
Bahan yang Diperlukan:
  • Daging Ayam Segar, potong sesuai selera, cuci bersih, tiriskan - 1 kg
  • Daun Kemangi - 80 gr
  • Air Bersih - 1 liter
  • Cabe Rawit Merah Utuh - 10 buah
  • Minyak Sayur - 2 sdm
  • Daun Pisang, untuk membungkus - Secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Putih - 4 siung
  • kemiri - 3 butir
  • Kunyit - 7 cm
  • Ketumbar - 1 sdm
  • Pala - 1/2 sdt
  • Garam - 2 sdm
Bahan yang Diiris:
  • Bawang Merah, iris tipis - 20 butir
  • Serai, potong 5 cm - 2 batang
  • Cabe Merah Besar, potong serong tipis - 5 buah
Cara Membuat Pepes Ayam:
  1. Campurkan semua bumbu halus, bahan iris, minyak sayur, daun kemangi, cabe rawit utuh lalu campur dan aduk rata. Kemudian tambahkan potongan daging ayam dan aduk lagi hingga tercampur rata dengan bumbu.
  2. Potong-potong daun pisang dengan ukuran 20 s/d 30 cm atau sesuai selera lalu bakar sejenak di atas api selama beberapa detik saja dengan cara menggeser daun pisang, tujuannya adalah supaya daun pisang layu, tidak mudah sobek dan mudah digunakan untuk membungkus.
  3. Bungkus adonan ayam dengan daun pisang, dengan cara ambil sedikit adonan pepes lalu letakan di tengah-tengan potongan satu lembar daun pisang, kemudian bungkus atau lipat dengan rapi daun pisang dan terakhir semat dengan lidi. Lakukan berulang sampai bahan adonan habis.
  4. Siapkan alat kukus, lalu kukus pepes sampai air nya mengering. Diamkan sebentar agar bumbunya meresap. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Jumlah cabe bisa disesuaikan sesuai selera atau sesuai level pedasnya, bisa juga ditambahkan jamur atau sayuran lain ke dalam bahan pepes agar lebih bervariasi.
Demikianlan resep dan cara membuat pepes ayam kemangi yang dapat kami sajikan hari ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa berguna dan membantu sobat dalam memasak pepes ayam kemangi ini. Nantikan resep praktis dan mudah kami selanjutnya dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment