Resep Membuat Lapek Sagan Enak Khas Sumatera Barat

Cara Membuat Kue Lapek Sagan Lezat dan Praktis - Lapek Sagan adalah kue yang berasal dari daerah sumatera barat, kue ini sudah menjadi makanan khas disana dan memang sudah cukup populer dikenal oleh masyarakat sekitar sumatera. Lapek Sagan merupakan jajanan khas sumatera barat, jika sobat berkunjung disana jangan lupa mencicipinya, disana banyak sekali kedai yang menjual jajanan ini.

Kue ini terbuat dari bahan dasar pisang yaitu pisang kepok yang ranum atau matang sempurna, kemudian diberi bahan pencampur seperti tepung ketan, parutan kelapa muda, gula merah dan sebagainya yang menjadikan citarasanya khas dan juga nikmat. Kue ini biasanya dibungkus dengan daun pisang sehingga akan tercetak bentuk sesuai yang diinginkan saat membungkus. Makanan ini cocok sekali dijadikan oleh-oleh apabila berkunjuang ke daerah sumatera barat, cocok juga dijadikan bekal bagi yang ingin pergi ke tempat yang cukup jauh, dijadikan camilan atau teman minum teh atau kopi juga enak.

Pada kesempatan kali ini, Kami sempat mengambil tema kue atau jajanan tradisional karena memang makanan ini pantas untuk dicoba. Kami akan membagikan resep dan juga cara mudah membuat lapek sagan asli sumatera barat ini untuk sobat sekalian. Bagi sobat yang penasaran dan ingin mencicipi lezatnya makanan ini bisa langsung membuatnya sendiri di rumah, caranya cukup mudah dan praktis. Langsung saja yuk kita simak resep dan cara membuatnya.

Lapek Sagan

Bahan yang Diperlukan:
  • Pisang Kepok Ranum - 10 buah
  • Beras Ketan - 2 ons
  • Kelapa Muda, parut kasar - 1 butir
  • Vanilli - Secukupnya
  • Daun Pisang - Secukupnya
  • Garam - Secukupnya
Cara Membuat Lapek Sagan:
  1. Bersihkan atau cuci dahulu beras ketan, tiriskan. Kupas pisang kepok kemudian campur dengan kelapa muda yang sudah diparut sampai merata, setelah itu tambahkan sedikit vanilli agar aromanya harum, campur lagi hingga kalis dan benar-benar rata.
  2. Siapkan daun pisang untuk membungkus adonan. Bungkus adonan dengan bentuk bulat lonjong seperti lontong, bulat gepeng, kerucut dan sebagainya sesuai selera.
  3. Kukus adonan yang sudah dibungkus sampai matang. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Selain pisang kepok bisa juga menggunakan pisang raja, makanan ini cocok sekali disajikan bersama kopi hitam hangat.
Mudah, simpel dan prakis sekali kan cara membuat lapek sagan khas sumatera barat ini? Sobat bisa dengan mudah membuatnya di rumah dan sajikan untuk camilan bersama keluarga disaat santai. Sekian dulu sedikit uraian dari kami, semoga resep kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian dalam membuat camilan untuk keluarga. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment