Cara Membuat Resep Tongseng Kambing Enak Khas Solo

Resep Tongseng Kambing Lezat Asli Solo - Tongseng adalah masakan seperti gulai namun bumbu yang dibuat lebih tajam dan bahan dasarnya kebanyakan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, misalnya tulang iga, tulang belakang atau beberapa tulang lain yang sering dijadikan masakan tongseng. Tongseng diberi bumbu rempah khas dan juga bahan tambahan seperti kol, bawang putih, cabe, tomat dan kecap. Ciri khas dari masakan tongseng ini adalah kecap nya, karena dengan bumbu kecap ini masakan tongseng bisa membuahkan hasli masakan yang manis dan gurih.

Kalau ditinjau secara bahan, tongseng ini juga mirip dengan tengkleng yang juga bahannya menggunakan tulang belulang yang masih ada sedikit sisa dagingnya, bedanya terdapat pada kuah, kuah tengkleng lebih jernih, kedua pada rasa, rasa tengkleng lebih ke arah sop sedangkan tongseng lebih ke arah gulai. Tongseng biasanya dimasak dengan daging kambing, namun dewasa ini karena banyaknya kreasi dan modifikasi masakan tongseng ini, banyak juga yang menggunakan bahan lain seperti sapi, ayam bahkan ada juga tongseng sayuran.

Tongseng ini dianggap masakan khas yang berasal dari daerah solo, namun ada juga orang yang menyebutnya berasal dari daerah boyolali. Entah darimana asalnya, yang jelas sekarang masakan ini sudah tersebar kemana-mana baik di daerah jawa, jogja maupun jawa barat. Masakan ini sungguh lezat sehingga banyak yang memfavoritkan masakan ini dan populer sekali sampai ke pelosok nusantara. Tongseng ini bisa dibilang generasi ketiga setelah ditemukannya sate dan gulai.

Bagi sobat yang masih bingung di hari Idul Adha atau hari qurban nanti daging kambingnya mau dimasak apa, tongseng bisa menjadi rekomendasi untuk dipraktekkan. Biasanya kalau Idul Adha tiba banyak sekali masakan-masakan dari daging kurban termasuk tongseng sendiri, namun sekarang tidak perlu menunggu hari raya idul adha karena sudah banyak warung atau kedai yang menjual masakan tongseng kambing ini. kapanpun sobat ingin menyantap masakan ini sobat bisa membelinya di warung tongseng terdekat.

Kalau sobat malas mencari kedai tongseng, disini sobat bisa membuat masakan ini sendiri di rumah. Kami memang sengaja mempersiapkan resep dan cara membuat masakan tongseng khas solo ini khusus untuk sobat. Sobat langsung bisa membuatnya sendiri dengan bahan dan bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Daripada makin penasaran dengan masakan ini dan ingin segera mencicipinya, kita langsung simak dan praktekkan saja resep dan cara membuat tongseng kambing special enak dan lezat khas solo asli ini.

Tongseng Kambing
Bahan yang Diperlukan:
  • Daging Kambing Muda - 1/4 kg
  • Tulang Belulang Kambing yang Masih Ada Sedikit Dagingnya - 1/4 kg
  • Santan Kental - 1 liter
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Merah - 6 butir
  • Bawang Putih - 2 siung
  • Kemiri - 3 butir
  • Kunyit dan Jahe - @2 cm
  • Ketumbar - 1 sdt
  • Merica - 1/2 sdt
Bumbu untuk Tongseng:
  • Daun Bawang, iris tipis-tipis - 2 batang
  • Serai, memarkan - 2 batang
  • Lengkuas, memarkan - 3 cm
  • Daun Salam - 3 helai
  • Gula Pasir, Garam, Penyedap Rasa dan Kecap - Secukupnya
  • Air Bersih - 2 gelas
  • Minyak Goreng - Secukupnya
Cara Membuat Tongseng kambing:
  1. Potong-potong daging kambing sesuai selera, kemudian rebus daging kambing beserta tulang kambing selama kurang lebih 20 menit. Angkat kemudian saring air rebusan tadi agar sedikit hilang bau kambingnya.
  2. Rebus lagi daging kambing menggunakan air yang baru, masukkan daun salam untuk rasa yang gurih, tunggu sampai empuk. Angkat, tiriskan.
  3. Rebus santan di atas api kecil sambil diaduk agar santan tidak pecah, kemudian masukkan serai dan lengkuas dan aduk sampai merata dan harum baunya.
  4. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam dan bumbu penyedap lainnya, tumis sampai harum baunya. Kemudian tuangkan santan yang sudah direbus tadi ke dalam tumisan bumbu halus, aduk secara merata.
  5. Masukkan daging kambing dan tulangnya ke dalam bumbu yang sudah tercampur dan direbus tadi, usahakan agar daging dan tulang terendam semua ke dalam bumbu, lalu tambahkan kecap manis sesuai selera.
  6. Masak sampai matang dan kuah agak mengental. Angkat, tiriskan dan sajikan bersama pelengkap daun bawang.
Tips: Jika suka pedas bisa ditambahkan bubuk cabe sesuai selera atau bisa juga menggunakan sambal. Kalau bisa pilih daging kambing jawa yang terkenal dengan dagingnya yang padat dan rendah lemak.
Demikianlah resep dan cara membuat tongseng kambing special khas solo. Semoga dengan sedikit tulisan ini bermanfaat dan mengobati rasa penasaran sobat akan masakan tongseng kambing ini. Jangan lupa subscribe artikel resep dari kami dengan memasukkan email di RSS agar update resep terbaru kami setiap hari. Sekian dan selamat mencoba.

1 comment: