Resep Membuat Oncom Goreng Enak, Pedas dan Renyah

Cara Membuat Oncom Goreng Special Gurih dan Nikmat - Oncom adalah bahan makanan yang berasal dari daerah jawa barat atau sunda yang dibuat dengan bahan ampas tahu yang difermentasi sehingga menghasilkan bahan makanan yang bergizi tinggi. Oncom difermentasi oleh bermacam jamur dan kapang seperti neuro sporasitophila dan kapang rhizopus oligosporus. Hasil dari fermentasi tersebut menghasilkan oncom yang sering digunakan untuk membuat berbagai olahan makanan lezat.

Beberapa olahan dari bahan oncom yang cukup terkenal diantaranya adalah oncom tumis, oncom kering, oncom leuca dan masih banyak lagi. Selain harganya yang relatif murah, oncom justru memiliki banyak kandungan zat gizi seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi dan berbagai vitamin yang baik dan sehat untuk tubuh kita. Selain itu oncom juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Dengan kandungan yang begitu komplek, oncom memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya menjaga sistem pencernaan, mengurangi kolesterol, sumber gizi dan energi dan sebagainya.

Sedikit hal yang perlu sobat tau kalau oncom ini biasanya hanya bisa bertahan 1-2 hari saja di suhu ruang, jadi bahan oncom jika sudah lebih dari 2 hari akan mengalami kerusakan atau degradasi oncom oleh enzim proteolitik sehingga terbentuk amoniak yang menyebabkan oncom tak layak konsumsi. Dari uraian diatas kita tau akan kelebihan oncom, gunanya bagi kesehatan dan juga masa kadaluarsanya, sekarang kita akan membahas masakan yang berbahan dasar oncom ini.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan menuliskan resep masakan dengan bahan oncom yaitu oncom goreng tepung yang renyah, enak dan gurih. Cocok sekali dijadikan lauk atau bisa juga dijadikan camilan saat sedang bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Oncom goreng merupakan camilan yang sehat dan bergizi sehingga bisa menjadi pilihan bagi sobat dalam memasak makanan sehat. Cara membuat oncom goreng sangatlah mudah dan juga praktis. Kalau mau tau resep dan caranya coba simak tulisan dibawah ini.

Oncom Goreng

Bahan yang Diperlukan:
  • Oncom, potong kotak atau sesuai selera - 1 papan
  • Tepung Terigu - 150 gr
  • Daun Bawang, iris halus - 2 batang
  • Daun kemangi, petik kuntum - 1 ikat
  • Air - Secukupnya
  • Minyak Goreng, untuk menggoreng - Secukupnya
Bumbu yang Dihaluskan:
  • Bawang Putih - 3 siung
  • Merica Bubuk, garam dan Penyedap Rasa - Secukupnya
Cara Membuat Oncom Goreng:
  1. Membuat Adonan Pencelup:  Buat adonan dengan campuran tepung terigu dan air, buat sedang saja jangan terlalu encer atau terlalu kental. Masukkan daun kemangi, daun bawang dan bumbu halus. Aduk secara merata sampai tercampur sempurna.
  2. Celupkan oncom ke dalam adonan pencelup, kemudian goreng di dalam minyak panas dan bolak balik sampai matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Bisa disajikan dengan 2 cara yaitu oncom goreng setengah matang atau masih agak lembek (mirip mendoan) dan juga oncom goreng kering.
Itulah resep yang sangat mudah dan praktis yaitu oncom goreng tepung yang enak dan gurih. Sobat langsung bisa mencoba membuatnya di rumah, sangat gampang caranya. Semoga resep kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan menambah wawasan dalam memasak camilan yang enak dan gurih. Sekian dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment